Yuk Nikmati Jus Terong Belanda

0
87
Buah terong belanda dijual petani kawasan Burnie Pase, Buntul, Kabuoaten Bener Meriah. Buah asal negeri Amazon ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Harga sekilo Rp 15.000. Aceh24.com

# Buah Sekilo Hanya Rp 15 ribu di Gayo

LHOKSEUMAWE-Pernahkah  minum jus terong belanda ? Atau langsung buahnya dimakan begitu saja. Kalau belum, mari coba. Karena, selain enak dan murah harganya. Juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Terong belanda merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari keluarga Solanaceae (terong). Buah ini memiliki nama latin yaitu Solanum Betaceum. Mungkin banyak yang menyangka bahwa buah terong belanda (dutch eggplant) berasal dari tanah Belanda. Hal ini adalah sebuah kekeliruan dan perlu diluruskan.

Buah terong belanda berasal dari kawasan Amazon yang ada di Benua Amerika. Mungkin Anda akan bertanya lalu mengapa dinamakan terong belanda? Hal ini dikarenakan buah terong belanda ini pertama kali dibawa dan diperkenalkan oleh Belanda pada masa penjajahan pertama di Indonesia.

Nah, kalau di Provinsi Aceh, terong belanda banyak dijumpai di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Dan, kini petani di Kabupaten Bener Meriah pun sudah mulai menjual di depan rumah mereka.

Ya, ala kios kecil-kecilan. Selain terong belanda, tentu ada juga buah markisa, kol, wortel dan buah labu jepang.

Ini dapat kita jumpai saat melibas jalanan KKA-Bener Meriah dan Takengon. Harga terong belanda dijual sekilo Rp 15.000. Sedangkan Markisa kisaran Rp 30 ribu untuk satu ikat.

Nah, lalu manfaat terong belanda bagi kesehatan ? Aceh24.com yang mengambil dari berbagai sumber menyebutkan paling tidak ada 10 manfaatnya bagi tubuh kita.

Berikut ini adalah kandungan gizi yang ada di setiap 100 gram buah terong belanda:

  • Energi          : 48 kkal
  • Karbohidrat  : 11,3 gram
  • Protein         : 1,5 gram
  • Lemak          : 0,3 gram
  • Vitamin B     : 0,04 mg
  • Vitamin C     : 17 mg
  • Kalsium        : 13 mg
  • Zat Besi        : 1 mg
  • Fosfor          : 24 mg
  • Potasium      : 320 mg

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat terong belanda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin B kompleks yang kaya di dalam buah terong belanda bisa memperbaiki metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan pada vitamin C pada buah terong belanda mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh.

2. Mengatasi beberapa penyakit ringan

Kandungan vitamin C dan vitamin lainnya serta kalsium di dala buah terong belanda membuat terong belanda memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa penyakit ringan. Beberapa penyakit ringan tersebut seperti bisulan, sakit tenggorokan, dan sakit maag. Di belahan negara lain, buah terong belanda dipercaya berkhasiat untuk mengobati amandel.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Manfaat terong belanda bisa untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Zat-zat gizi yang terkandung di dalam buah terong belanda akan menurunkan kadar kolesterol jenis Low Density Lipoprotein (LDL) atau yang biasa dikenal dengan istilah kolesterol jahat.

Selain itu, manfaat terong belanda juga bisa untuk meningkatkan kadar kolesterol jenis High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Dengan terjadinya penurunan kolesterol jahat dan peningkatan kolesterol baik maka pembuluh darah akan menjadi lebih sehat sehingga aliran darah tidak memiliki masalah.

4. Mengobati tekanan darah tinggi secara alami

Buah terong belanda bermanfaat untuk menyebuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan potasium di dalam buah terong belanda bisa membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah dan denyut jantung tetap normal. Bagi Anda penderita hipertensi, konsumsilah buah terong belanda bila ingin hipertensi Anda cepat sembuh.

5. Mencegah penyakit anemia

Tidak hanya kondisi medis berupa tekanan darah tinggi saja yang bisa diobati dengan mengonsumsi buah terong belanda, anemia pun bisa dicegah dengan konsumsi buah terong belanda. Kandungan berbagai vitamin, mineral zat besi, dan serat pada buah terong belanda bermanfaat untuk menambah darah sehingga anemia bisa dicegah.

6. Mencegah penyakit kanker

Selain anemia, ternyata manfaat terong belanda bisa juga untuk mencegah penyakit kanker secara alami dan aman. Penyakit pembunuh ini bisa dicegah dengan mengonsumsi buah terong belanda. Pengonsumsi terong belanda yang dilakukan secara teratur bisa meningkatkan kandungan likopen di dalam tubuh sehingga mampu menangkal radikal bebas yang merupakan pemicu kanker.

7. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat buah terong belanda bisa menjaga jantung Anda agar selalu sehat dan memiliki fungsi yang normal. Kandungan mineral yaitu kalium di dalam terong belanda bisa menyeimbangkan kadar natrium yang cukup tinggi di jantung sehingga jantung tetap terpelihara kesehatannya dengan baik.

8. Menstabilkan gula darah

Apakah kamu tahu bahwa manfaat terong belanda bisa membuat kadar gula darah Anda tetap stabil? Buah terong belanda bisa menstabilkan kadar gula di dalam darah melalui kandungan serat di dalam terong belanda. Bagi Anda penderita diabetes bisa mengonsumsi terong belanda karena memiliki kadar glikemik yang rendah.

9. Mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson

Manfaat terong belanda bisa untuk mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang cukup tinggi dipercaya bisa melindungi dari terjadinya kerusakan pada otak. Penyakit yang disebabkan kerusakan otak pun bisa dicegah seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

10. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat terong belanda juga bisa untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan beberapa vitamin yang mendukung untuk terawatnya kulit tubuh dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan berseri. Selain itu, kandungan flavonoid, fenol, dan anthocyanin bisa mencegah stress pada kulit dan mengatasi penuaan dini. # berbagai sumber info bermanfaat.

Foto : Petani kawasan Burnie Pase, Buntul, Kabupaten Bener Meriah, menjual buah terong belanda di depan rumah mereka. Harga sekilo dilepas Rp 15 ribu. Buah sangat bermanfaat bagi kesehatan ini sangat diminati wisatawan local. Aceh24.com

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.