Wow ! Aceh Utara Produk Sampah 260 Ton Sehari

0
Foto : Sampah berserakan. Mahasiswa melakukan aksi membersihkan sampah yang dapat mengurangi keindahan kawasan wisata pantai di Lhokseumawe, beberapa waktu lalu. Dok Aceh24.com

LHOKSEUMAWE-Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Kabupaten Aceh Utara, Fachrurazi menyebutkan sampah yang harus di angkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) mencapai 260 ton sehari.

Sampah tersebut tentu saja berasal dari 27 kecamatan dari kabupaten memiliki 852 gampong.

“Kita hanya mampu mengangkut ke TPA dengan armada hanya 125 ton sehari,” katanya.

Kenapa cuma bisa 125 yang terangkut ? Ka BLHK pun merincirkan karena rasio satu armada mengangkut 5 ton sehari. Sedangkan saat ini mereka punya armada cuma 25 truk.

“Sisa sampah sekitar 135 ton lagi, masih dikelola secara tradisional oleh masyarakat itu sendiri. Baik dengan cara menanam atau membakar,” paparnya.

Menurut Fachrul, idealnya Aceh Utara harus memiliki 35 truk sampah. Karena kecamatannya saja ada 27. Ini semua agar bisa masuk ke seluruh kecamatan secara rutin.

“Dan, mem-Back up dengan 2 – 3 truck  untuk kecamatan besar seperti Kecamatan Lhoksukon, Dewantara, Matangkuli, Tanah Luas dan Tanah Jambo Aye,” ungkapnya.

Menyinggung soal Hari Peduli Sampah Nasional 2019.  Pihaknya sudah membuat rencana pekan depan melakukan aksi pembersihan sampah di kawasan pantai Kecamatan Seunedon.

“Di Desa Bantayan yang merupakan salah satu Destinasi Wisata Bahari di Aceh Utara, “ pungkas Kepala BLHK Aceh Utara, Fahrulrazi, SH. Aceh24.com

 

Foto : Sampah berserakan. Mahasiswa melakukan aksi membersihkan sampah yang dapat mengurangi keindahan kawasan wisata pantai di Lhokseumawe, beberapa waktu lalu. Dok Aceh24.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.