Wow ! 535 Orang Alami Gangguan Jiwa di Lhokseumawe

0
ilustrasi

# Tiga Warga Dipasung

LHOKSEUMAWE-Sebanyak 535 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) ada di Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Tiga diantaranya dipasung.  Seorang lainnya sudah meninggal akibat sakit.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Lhokseumawe, dr Said Alam Zulfikar menjawab Aceh24.com, Selasa (26/2/2019).

“Pasien dipasung  terbaru M Nsr  (34) warga Paya Puentuet, Kecamatan Muara Dua. Sedangkan Ed Rst sudah meninggal,” kata kadinkes.

Didampingi Kasi Penyakit menular dan Kesehatan Jiwa, Fauzan,menyebutkan sepanjang tahun 2018 terdata 535 orang ODGJ.  Sedangkan pasien pasung lainnya adalah Mkt (40) warga Blang Cut, Kandang dan J Kha (32) Padang Sakti, Muara Satu.

Lebih lanjut dr Said mengatakan petugas kesehatan jiwa masyarakat terus melakukan pendekatan agar keluarga mengizinkan pasien dirujuk ke RSJ. Selain itu, petugas juga terus memantau dan memberikan terapi obat anti psikosis.

“Kita juga mengharapkan keluarga mau membuka pasung pasien. Ini yang selaku kita himbau saat kunjungi keluar pasien sekaligsu memberikan obat,” kata dr Said lagi.

Sayangnya, keluarga korban kerab tidak merespon bila pasien dirujuk. Padahal gratis. Kemudian dengan pengawasan ketat dari perawat keswamas  dan dokter,  tambah Fauzan.

Disinggung penyebab gangguan jiwa pasien, Fauzan menyebutkan multi factor.  Ada juga akibat narkoba, pungkasnya.

Sementara itu, pasien mengalami gangguan jiwa dan dipasung di wilayah Kabupaten Aceh Utara ada 14 orang. Semua tersebar di delapan kecamatan. Penyebab, rata-rata factor ekonomi dan narkoba.

Plt Kadis kesehatan Aceh Utara, Khalidawati dan didampingi Kasi Konseling dan Trauma, Sri Aprianti sebelumnya menyebutkan pasien dipasung sebagian besar sudah mendapat perawatan dari RSJ. Tetapi kambuh lagi akibat putus obat. Rata-rata dialami orang miskin.  Selain itu, yang merawat bukanlah keluarga inti. Aceh24.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.