AcehBerita FotoNusantara

Ujian SD Ditunda-Bupati Diminta Intruksi Darurat Banjir

Kondisi jalan negara Banda Aceh-Medan, di pusat ibukota Aceh Utara, Lhoksukon, Senin (4/12) Aceh24.com

Ujian SD Ditunda di Aceh Utara

-Bupati Diminta Intruksi Darurat Banjir

LHOKSUKON-Hujan dan air turun dari pengunungan belum berhenti melanda Kabupaten Aceh Utara. Buktinya saja, Minggu sore, air belum menyentuh badan jalan negara Banda Aceh-Medan di Kota Lhoksukon. Namun, malam hari, air telah menerobos jalan lintas nasional dan memasuki kawasan pertokoan.

Hari ini, Senin (4/12) sejumlah sekolah dasar (SD) terpaksa tidak melaksanakan ujian di sekolah berdampak banjir.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Saifullah, M.Pd yang dihubungi Aceh24.com, Senin pagi membenarkan puluhan sekolah jenjang SD terpaksa ditunda ujiannya.

“Yang berdampak banjir sekolahnya, ujian semester SD kita tunda. Sedangkan yang tidak banjir, lanjutkan ujian,” kata Saifullah.

Inilah rincian sekolah dasar (SD) di Aceh Utara, yang ditunda ujian semester kali ini.

Di wilayah UPTD PK Kecamatan Lhoksukon- SD 24, SD 25, SD 1, SD 2, SD 8, TK Pembina, TK Bhayangkari, TK Kartika, SD 5, SD 13, SD 20, SD 23 dan SDN 13.

Kemudian SD 6 Matangkuli, SD 1 Pirak Timu dan SD 3 Pirak Timu.

Dilanjutkan Kadis PK, UPTD Syamtalira Aron yaitu SDN 9, UPTD Cot Girek SD 13 dan SMP 2.

“Kita tunda ujian SD. Banyak mobiler sekolah sudah rusak tergenang banjir,” ungkap Saifullah

Sementara itu, Badruddin dan Haris warga Lhoksukon yang ditemui secara terpisah mengatakan, bila banjir masih berlangsung hingga tiga hari ke depan, mengharapkan Pemerintah Daerah Aceh Utara, harus mengintruksikan darurat banjir.

Mengingat, kata dua mahasiswa yang mengecap pendidikan disalah satu perguruan tinggi di Aceh Utara, saat ini ribuan rumah penduduk tergenang. Tidak saja itu, perkantoran pemerintah dan sekolah juga dimasuki air.

“Bupati kita minta untuk jangan diam melihat masyarakatnya yang hidup terimbas banjir. Jangan sibuk keluar daerah saja.  Intruksikan darurat banjir bila tiga hari ke depan masih tak henti hujan. Apalagi ini, sekolag SD saja, ujian semester telah ditunda,” kata Badruddin.

Ditambahkan Haris, dengan adanya intruksi darurat banjir maka fokus untuk kembali membenahi lingkungan, rumah warga atau gotong royong akan berjalan maksimal. Tak hanya itu, bantuan dana banjir dari wilayah Aceh Utara, yang tak berdampak juga bisa berjalan lancar guna meringankan derita puluhan ribu rumah saat ini yang tergenang.

Sayangnya, Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib yang coba dihubungi via Whatshap pribadinya pukul 09.05 WIB, belum merespon. Aceh24.com

Foto : Banjir di jalan utama menuju ibukota Matang Kuli, Minggu Sore. Aceh24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: