Tolak Izin Penambang Emas di Aceh

0
8
loading...

# DPRA Jangan Diam


Foto : Kondisi kantor Gubernur Aceh, Kamis pagi (11/4) pasca mahasiswa demo dan ajang kemping plus ‘pasar malam’ -ist

LHOKSEUMAWE-Selain mahasiswa, sejumlah elemen LSM terus menyampaikan aspirasi menolak keras adanya penambangan emas di kawasan bumi Aceh.  Salah satunya yang datang dukung penolakan adalah dari Gerakan Transparansi dan Keadilan (GerTaK).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Aceh24.com, Kamis pagi. Koordinator GerTaK, Muslem Hamidi menyebutkan  polemik Pertambangan PT. EMM yang didemo mahasiswa berharap Plt Gubernur Aceh, bersikap lebih bijaksana dan berpihak pada kepentingan Aceh.

“Karena ini berbicara kepentingan Aceh kedepan. Gubernur seyogyanya harus berpihak kepada kepentingan rakyat Aceh,” kata Muslem.

 

GerTaK menilai terjadinya aksi protes tidak terlepas dari akibat kesalahan pemerintah Aceh yang tidak transparan sejak awal.  “Temuan-temuan kan banyak ketentuan dan prosedur yang dilanggar namun pemerintah selama ini mengabaikan dan terkesan membela kepentingan pemodal,” ujar mantan Ketua BEM Unimal itu.

 

“Ini harus dihentikan, jika ini terus dilanjutkan dan Plt Gubernur tidak mau mengambil sikap tegas maka Plt Gubernur harus diperiksa apakah ikut terlibat dalam praktik yang telah melanggar aturan dan merugikan daerahnya sendiri,” pintanya.

.

                          DPRA Jangan Berdiam Diri

 

Lebih jauh, GerTaK mengingatkan wakil rakyat yang duduk di dewan. “DPRA juga jangan berdiam diri, sebelumnya DPRA dalam sidang paripurna sudah menyatakan sikap dan hari ini DPRA harus bersuara agar bersama-sama dengan mahasiswa dan rakyat Aceh menyuarakan persoalan ini,” kata Muslem.

 

Karena ini persoalan daerah maka yang harus ditempuh adalah mendesak pemerintah pusat agar segera mencabut izin, maka Pemerintah Aceh bersama-sama yaitu Eksekutif dan Legislatif harus bersinergi mendesak agar pemerintah pusat mencabut izin tersebut.

 

Bangun sinergitas bersama untuk mendesak pemerintah pusat.Pemerintah Aceh harus bersikap dan menunjukkan ke publik dimana posisi mereka saat ini, karena ini penting agar massa yang sedang melakukan aksi demonstrasi juga mendapat kan gambaran dukungan dari masyarakat luas, tidak hanya itu, kita menilai semua pihak di Aceh juga harus menyatakan sikap secara terbuka, LSM, Akademisi, Tokoh Aceh yang ada di Aceh maupun yang sedang berada diluar Aceh juga harus menyatakan sikap, karena ini penting menyangkut kepentingan Aceh puluhan tahun kedepan. Semua pihak harus ikut menyatakan sikap secara terbuka mendukung gerakan ini.

Kita menyerukan agar semua pihak menunjukkan sikap untuk mendukung perjuangan mahasiswa ini,pungkas Muslem Hamidi. Aceh24.com

 

Foto : Kondisi kantor Gubernur Aceh, Kamis pagi (11/4) pasca mahasiswa demo dan ajang kemping plus ‘pasar malam’ -ist

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.