AcehBerita FotoNusantara

Tarian Ratoeh Duek Bakal Tampil di Australia

Foto : Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya melepas keberangkatan Bink Vho ke Australia dalam rangka menampilkan tarian Ratoeh Duek-Dok

Tarian Ratoeh Duek Bakal Tampil di Australia

LHOKSEUMAWE- 14 seniman Aceh bakal menampilkan tarian Ratoeh Duek di Australia. Para seniman yang bergabung grup Bink Vho hadir atas undangan Konsulat Jenderal negeri kangguru itu.

Demikian koordinator Bink Vho Grup, Bang One menyampaikan kepada Aceh24.com, Jum’at malam (13/10).

“Seniman asal Lhokseumawe ini, siap hibur warga Perth, Australia. Dan tampil di Farreas Place 200 Murray St, Derth Western, Australia,” kata One sapaan kerennya pria berkumis berwarna ke coklat-coklatan ini.

Menurut dia, seniman Aceh yang tampil nanti adalah Romi Pasla (Pemain Gendang), Erwin (Rapai), Ade Nouva Heru (Drum), Rahmad (Bass), Mursalin (Gitar), Diva Mazeda (Vokalis), Teuku Emi (Vokalis) dan didampingi official dan juru latih tari Aceh.

Lebih lanjut dikatakan, kehadiran Bink Vho ke benua terbesar di planet bumi ini, bukan hanya menampilkan tarian Aceh. Tetapi juga sebagai ajang silaturrahmi antar kedua pemerintah. “Ya, kami juga akan belajar cara budidaya sapi,tirom dan cara berkebun yang baik,” kata Iful.

Maksud lain kehadiran seniman Aceh, asal Lhokseumawe ini, juga ikut berpartisipasi pada persiapan dan pelatihan The Biggest Indonesia Culture Even in Western, Australia.

“ Disana nanti juga melatih tarian masal sebanyak 1001 penari yang pesertanya adalah pelajar – pelajar  yang berdomisili di Perth,” ungkap Bang One, sembari menambahkan untuk tampil nantinya pada Festival tahun 2018.

Sementara itu, pada acara pelepasan keberangkatan group Bink Vho  dilakukan oleh Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya. Turut hadir Ketua DPRK Lhokseumawe, M Yasir, Wakil Walikota, Yusuf Muhammad, Sekdako, Bukhari dan pejabat lainnya.

Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya menyatakan kebanggaannya terhadap nilai budaya Aceh yang mulai diminati di sebagian manca negara.

Disamping itu kegiatan ini menjadi tolak ukur kenyamanan situasi di Aceh pasca konflik  sehingga membuka peluang bagi masyarakat negara ketiga  berinvestasi di Aceh.Aceh24.com

Foto : Bink Vho Grup saat pelepasan menuju Australia, dalam rangka menampilkan tarian Ratoeh Duek oleh Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, Jum’at (13/10). Aceh24.com/dok

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: