AcehBerita FotoNusantara

Sosialisasi Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi DPRK Aceh Tengah

Peta Dapil Aceh Tengah

TAKENGON-Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tengah mensosialisasikan Penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi untuk Pemilihan Umum Tahun 2019.

Sosialisasi dilakukan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait Keputusan KPU RI Nomor 264/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Aceh dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

Demikian disampaikan Marwansyah, S. Hi, Ketua KIP Aceh Tengah, ketika menjadi nara sumber di salah satu Cafe di Takengon, Kamis (10/5/18).

“Sosialisasi ini merupakan pertemuan yang kesekian kalinya terkait daerah pemilihan dan alokasi kursi, namun karena ada Surat Edaran dari KPU RI, acara ini kita gelar kembali”, jelas Marwansyah.

Disebutkannya, dalam penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi pada pemilihan umum tahun 2019, yang sudah ditetapkan, setidaknya telah memenuhi beberapa prinsip. Prinsip dimaksud terdiri dari kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, dan kesinambungan, terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Marwansyah juga menyebutkan berdasarkan keputusan KPU RI nomor 13/PL.01,3-Kpt/tertanggal 03/KPU/I/2018 tentang jumlah penduduk Kabupaten/kota dan jumlah kursi DPRK Aceh Tengah pada Pemilu 2019 mendatang dimana jumlah penduduk sebanyak 208.407 dengan alokasi kursi sebanyak 30.

Sementara itu, Komisioner KIP Aceh Tengah Ir. Astavan Manurung  mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi  itu melibatkan seluruh pimpinan partai politik, akademisi, tokoh masyarakat, LSM dan Ormas.

Dikatakannya, KIP Aceh Tengah telah mengumumkan penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilihan Anggota DPRK Aceh Tengah pada bulan Februari 2018 lalu, jelas Ivan. Dimana dalam pengumuman tersebut sudah ditretapkan daerah pemilihan Aceh Tengah masih tetap dengan Pemilu sebelumnya begitu juga dengan alokasi kursi.

Sesuai dengan Keputusan KPU RI, Aceh Tengah ada empat daerah pemilihan yaitu Aceh Tengah 1 meliputi Kecamatan Lut Tawar, Kebayakan dan Bintang dengan jumlah 7 Kursi, Aceh Tengah 2 terdiri dari Kecamatan Pegasing, Linge, Atu Lintang dan Jagong Jeget sebanyak 7 alokasi kursi.

Sedangkan Aceh Tengah 3 meliputi Kecamatan Silih Nara, Celala, Ketol dan Rusip Antara dengan jumlah kursi sebanyak 8. Sementara Aceh Tengah 4 terdiori dari Kecamatan Bebesen.

Dalam kesempatan itu Astavan juga menyebutkan untuk DPRA Aceh Tengah Bener Meriah masuk kedalam wilkayah Daerah Pemilihan Aceh 4 dengan alokasi kursi berjumlah enam (6).Mag-Rah/Aceh24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: