Sehari Jabat Plt Sekda Aceh Utara, Hapus Anggaran Majalah dan Koran

0
160
Surat Plt Sekda Aceh Utara

# Loper Meringis

LHOKSUKON-Luar biasa ! Baru sehari menjabat Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Utara, Ir Risawan Bentara, MT, langsung ambil keputusan memutuskan anggaran pengadaan majalah, koran dan tabloid.

Kok bisa ?  Dalam surat yang ditandatanganinya memutuskan semua majalah, koran dan tabloid yang disalurkan ke secretariat atau kebutuhan humas.

Alasan. Tentu saja berdalih COVID-19. Ya, refocusing anggaran. Sayangnya, giliran mata pencaharian loper ikut putus juga. Ironis memang. Berapalah anggaran koran, majalah dan tabloid untuk secretariat.

Kabag Humas Andree Prayuda mengatakan pemutusan pengadaan majalah, Koran dan tabloid karena keadaan yang memaksa. “Bukan kemauan kita,” ujar Andree menjawab Aceh24.com, Rabu siang (1/7).

Sementara itu, salah seorang loper Koran dan tabloid yang setiap hari mengantar untuk kebutuhan secretariat   Pemda Aceh Utara menilai telah memutuskan mata pencaharian masyarakat miskin. “Biasanya saya bisa dapat 1 juta sebulan dengan mengantar Koran dan tabloid di Humas Pemkab Aceh Utara. Tapi, mulai besok saya sudah tidak boleh bawa  lagi karena ngak ada anggrannya,” ungkap Udin dengan nada sedikit terdengar haru.

Kenapa tidak ? Ditengah sulitnya mencari pekerjaan untuk menghidupkan keluarga, justru pekerjaan yang telah digeluti lebih dari belasan tahun itu, harus terputus membawa Koran di Humas Pemkab Aceh Utara.

“Selama ini saya dapat menghidupkan keluar dengan mengantar koran di humas,” tambah pak Udin.

Bukankah, nilai uang Koran tidak seberapa bila dibandingkan dengan refocusing setiap dinas yang dipotong. Bahkan, aspirasi 45 anggota DPRD Aceh Utara, juga kena libas pemotongan.

“Kalau bisa jangan sampai pemutusan lah kami antar Koran ke humas. Biarkan kami mencari uang dengan keringat sendiri. Setiap pagi kami mengantar Koran, majalah dan tabloid ke humas,” kata Udin yang mengaku ada empat rekan senasibnya terimbas.  

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.