SAR Cari 41 Korban Longsor

0
30
Foto : Longsor di Desa Sirnaresmi. BNPB Sutopo

LHOKSEUMAWE-Memasuki awal tahun 2019, tim SAR mencari 41 korban longsor di Dusun Garehong, Desa Simaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Longsor terjadi akibat hujan menyebabkan 107 jiwa terdampak.

Hingga pukul 02.30 WIB (1/1) sudah tercatat 2 meninggal dunia,3 luka,61 mengungsi dan 41 orang belum ditemukan. Demikian informasi Aceh24.com terima dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Dr Sutopo Purwo Nugroho, M.Si, Selasa (1/1).

“Korban meninggal awalnya simpang siur karena kondisi yang panik. Informasi yang beredar di lapangan dan sosial media, korban meninggal 2, 4, 5 dan 8 orang. Namun setelah dilakukan verifikasi di posko sementara, ada 2 korban meninggal,” ungkap pria yang masih berjibaku dalam mengatasi kesehatannya kanker paru.

Menurut Sutopo, kerugian fisik sementara terdapat 30 unit rumah tertimbun. Sementara upya penanganan terus dilakukan dengan BPBD Sukabumi mengirim tim ke lokasi kejadian. Bersama Basarnas dan warga setempat melakukan evakuasi dan pendataan.

Sedangkan kondisi di lapangan adalah cuaca hujan, listrik padam, seluruh jaringan komunikasi telepon selular terhambat. “Dan hanya bisa menggunakan radio komunikasi

Handy Talkie (jaringan lokal/point to point).

Sekedar mengingatkan, bencana longsor kembali terjadi dan menimbulkan korban jiwa. Di saat sebagian besar penduduk bersuka cita menyambut tahun baru 2019, bencana longsor justru terjadi dan menimbulkan korban jiwa.

Hujan deras yang mengguyur sekitar Desa Sirnaresmi menyebabkan  aliran permukaan di areal hutan dan persawahan. Jenuhnya air menyebankan longsor perbukitan dan materialnya meluncur menuruni lereng kemudian menimbun sekitar 34 rumah kampung adat bagian bawahnya yaitu di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada 31/12/2018 pukul 17.00 WIB. Aceh24.com.

Foto : Longsor di Desa Sirnaresmi. BNPB Sutopo

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.