AcehBerita FotoNusantara

Saber Pungli Duga Ada Kolaborasi di Dinas Pendidikan Aceh Utara

Foto : Sejumlah wartawan media cetak,online dan elektronik masih menunggu tim saber pungli Polda Aceh dan Kejaksaan Tinggi, memeriksa pejabat Dinas Pendidikan Aceh, Selasa malam sekira pukul 22.10 WIB yang ditengarai pungli dana PAUD. Aceh24.com

# PAUD dan TK Setor Rp 12 Juta

LHOKSEUMAWE-Bantuan dana  Taman Kanak-Kanak dan PAUD di Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Utara, jadi sorotan serius tim sapu bersih (saber) pungutan liar (pungli) Aceh. Buktinya, hingga tadi malam pukul 22.30 WIB pemeriksaan terus berlanjut.

Kasus pemotongan dana BOP PAUD yang diduga sudah terjadi pungli sejak tahun 2017 diperkirakan telah merugikan uang negara mencapai Rp 7 miliar. Kenapa tidak ? Dana TK-PAUD rata-rata berhak menerima sampai Rp 30 juta setahun.

Namun, setelah ditransfer sebanyak itu, giliran oknum di Dinas Pendidikan Aceh Utara, meminta  ‘jatah’ Rp 12 juta.  Dengan alasan biaya pembelian alat tulis,perencanaan dan keperluan administrasi lainnya. Alhasil setiap PAUD hanya menerima kisaran Rp 18 juta.  Ditengarai telah terjadi kolaborasi oknum pejabat di dinas setempat.

Sementara jumlah TK dan PAUD di Aceh Utara, baik swasta maupun negeri  mencapai 311 sekolah.  Bila benar terjadi pemotongan Rp 12 juta persekolah, sejak tahun 2017 dan 2018 ini, bukankah mencapai Rp 7 miliaran kerugian negara ?

Nah, berawal dari laporan yang datang ke tim saber pungli Aceh itulah,  pemeriksaan terhadap 8 (delapan) pejabat yang melanggang buana di dunia pendidikan jalani pemeriksaan. Tak terkecuali dengan Kepala Dinas dan Kabid Paud.

Kapolres  Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta, Selasa sore saat dihubungi Aceh24.com, membenarkan tim saber pungli memeriksa pejabat dinas dimaksud. “Giat saber pungli provinsi,” kata kapolres.

Sementara itu, Kepala Humas Kejaksaan Tinggi Aceh,  Munawar , Rabu pagi (19/9) belum dapat  memberikan jawaban saat dikonfirmasi hasil sementara delapan pejabat Dinas Pendidikan Aceh Utara yang jalani pemeriksaan.  Apakah ada penambahan saksi lain yang akan mintai keterangan.

“Tolong hubungi langsung tim saber ya,” jawab Munawar.

Begitu pula soal berkembangnya kabar OTT. Siapa yang tertangkap tangan. Dan, berapa jumlah uang di OTT  juga belum diungkap.

Hanya saja, informasi Aceh24.com terima nama-nama dan jabatan yang menjalani pemeriksaan sejak Selasa hingga menjelang Rabu dinihari tadi  adalah

  1. Kadis Pendidikan Aceh Utara, Saifullah,M.Pd
  2. Kabid PAUD (Hus, S.Pd)
  3. Kasi PAUD (Hel)
  4. Operator Dispodik (Saf)
  5. AW (Pembuat Proposal)
  6. Ern (Pembuat Proposal)
  7. Erni (Pengutip dana 2018)
  8. Cut I (Pengutip dana 2017).

 

Foto : Sejumlah wartawan media cetak,online dan elektronik masih menunggu tim saber pungli Polda Aceh dan Kejaksaan Tinggi, memeriksa pejabat Dinas Pendidikan Aceh yang ditengarai pungli dana PAUD. Aceh24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: