24 C
Aceh
24 Oktober 2020
Aceh24
Uncategorized

Rusuh di Penajam Kaltim. 105 Rumah Terbakar Akibat Konflik Sosial

LHOKSEUMAWE-Sedikitnya 105 unit rumah hangus terbakar pasca konflik social di tiga RT terpisah di Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Akibatnya 319 kepala keluarga (KK) dari tiga RT yaitu RT 06, RT 07 dan Rt 08 di kelurahan Penajam, kehilangan tempat tinggal. Bahkan, seorang ibu yang hamil 9 bulan – menunggu waktu kelahiran terpaksa mengungsi.

Selain rumah terbakar, juga dilaporkan tiga unit kenderaan roda empat dan empat unit sepeda motor hangus. Begitu pula sebanyak 10 unit kios.

Demikian informasi diperoleh Aceh24.com dari siaran pers BNPB Pusat, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana, Agus Wibowo,  Jum’at sore (18/10).

Peristiwa konflik social yang menyebabkan kerusuhan ditengarai berawal, Kamis lalu sekitar pukul 16.00 Wita. Dimana pembakaran rumah warga itu, diawali meninggalnya warga Kabupaten Paser atasnama Herdi Candra (19) di Coastal Road Nipah, Kelurahan Nipah, Kecamatan Penajam.

Menyikapi tragedi  itu, terjadi pergeseran dan pergerakan sejumlah massa dari Kabupaten Paser menuju ke lokasi area sekitar KM 1 Kab. Penajam Paser Utara dan terjadi konflik sosial diarea tersebut .

BPBD setempat melaporkan akibatnya kerugian dan korban terdampak sementara ini yaitu  di RT 06 sebanyak 49 rumah terbakar, satu unit sekolah Ibtidaiyah dan tiga unit kenderaan hangus.

Sedangkan di RT 07 ada 55 rumah terbakar. Terdampak terhadap 85 KK.  Kemudian di RT 08 berdampak kepada 129 KK setelah 10 unit kios/warung, satu rumah empat sepeda motor terbakar.

Saat ini tim gabungan terdiri dari BPBD, Dinsos PPU / Tagana PPU, Dinas Kesehatan,

Kodim 0913/PPU, Polres PPU, PMI Kecamatan Penajam, Ketua RT/Ketua Forum RT, Brimob BKO Balik Papan dan Zipur Balik Papan melakukan  pemenuhan makan pagi, siang dan malam bagi pengungsi

Langkah lanjutan adalah, pengukuran luas area yang terbakar oleh Yon Zipur 17 dan dibantu BPBD ; Melakukan cek kesehatan untuk pengungsi yang ada di Mess PKK oleh Dinas Kesehatan.  Pendataan korban terdampak yang berada di Balikpapan dan berkoordinasi dengan BPBD Balikpapan .

Sedangkan kondisi terkini, pengungsi korban terdampak di konsentrasikan di Mess PKK

Pengungsi korban terdampak di konsentrasikan di Mess PKK berjumlah 9 KK 29 Jiwa ;

Pengungsi korban terdampak yang ada di Balikpapan berjumlah 7 KK 18 Jiwa yang saat ini berada di Kelurahan Baru Tengah Kecamatan Balikpapan Barat. Aceh24.com

Related posts

Ribuan Warga Tinggalkan Pulau Kecil-Korban Gempa Bertambah

Redaksi Aceh24

EU’s Proposed Digital Tax Doesn’t Apply to Fintech Activities: Expert Take

Aceh24

Regulations And Their Influence On Cryptocurrency Prices

Aceh24