Rumah Sakit di Lhokseumawe Meningkat Kebutuhan Darah Untuk Pasien DBD

0
104
Foto : Anggota TNI jajaran Korem 011 Lilawangsa dan personil Polisi dari Polres Lhokseumawe, Donor Darah. Rumah Sakit di Lhokseumawe dan Aceh Utara meningkat permintaan darah terutama untuk pasien terserang DBD atau nyamuk demam berdarah- Penrem 011 Lilawangsa

# Sehari 40 kantong, TNI-Polri Donor Darah

LHOKSEUMAWE-Stok darah minim di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Aceh Utara, anggota TNI jajaran Korem 011 Lilawangsa, anggota Polisi dari Polres Lhokseumawe serta satuan dinas jawatan ramai-ramai donor darah, di lapangan Hira’q, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, kamis (14/2/2019).

Kepala UTD Ivo Febriani mengakui saat ini stok darah kurang. Terlebih lagi saat ini permintaan kebutuhan darah meningkat akibat penderita yang terserang nyamuk demam berdarah (DBD), Tifus dan penyakit lainnya.

Kenapa tidak ? Ini disebabkan dari sejumlah rumah sakit di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara permintaan darah sangat meningkat. Sehingga, Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Utara kewalahan memenuhi permintaan tersebut, karena stok darah sangat minim, papar Ivo.

“Permintaan darah selama ini  meningkat dari rumah sakit. Sehari sampai 30 hingga 40 kantong. SEdangkan RSU membutuhkan 60 kantong darah. Permintaan darah yang paling banyak dari rumah sakit biasanya darah A dan darah O,” kata Ivo.

Lebih lanjut disebutkan, untuk memenuhi stok darah tersebut pihaknya harus terus melakukan kerjasama kepada TNI/Polri dan Intansi lainnya serta masyarakat untuk mendonorkan darah secara sukarela.

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto mengatakan, TNI selalu siap dalam membantu kesulitan rakyatnya. Apa lagi untuk membantu ketersediaan darah bagi yang membutuhkannya.

“Danrem mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit yang telah tulus ikhlas menyumbangkan darahnya, mudah-mudahan ketulusan niat dari pendonor akan mendapatkan berkah dan pahala dan selalu dalam keadaan sehat Waalfiat” kata danrem..

Lanjutnya, dengan menyumbangkan darah selain manfaat terhadap kesehatan bagi para pendonor itu sendiri juga manfaat nagi orang lain. Mendonorkan darah berarti telah menyelamatkan nyawa orang lain. Aceh24.com

 

 

Foto : TNI jajaran Korem 011 Lilawangsa dan personil Polisi dari Polres Lhokseumawe, Donor Darah. Rumah Sakit di Lhokseumawe dan Aceh Utara meningkat permintaan darah terutama untuk pasien terserang DBD atau nyamuk demam berdarah- Penrem 011 Lilawangsa

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.