AcehBerita FotoNusantara

RISHA Pengganti Rumah Korban Gempa Lombok

Presiden RI Jokowi memberikan keterangan pers kepada wartawan saat mengunjungi korban gempa Lombok. BNPB

# 183 Mesjid Rusak

LHOKSEUMAWE-Teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) sangat cocok untuk rumah kawasan kerap dilanda gempa. Memanfaatkan teknologi ini dapat mereduksi kesalahan berulang.

Pemerintah pun segera membangun kembali rumah korban gempa 7 SR yang terjadi di wilayah Nusa Tenggara Barat. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Lombok.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Presiden memerintahkan BNPB dan Menteri PUPR untuk segera membantu masyarakat agar dapat membangun kembali rumahnya. Salah satunya menggunakan Rumah Instan Sederhana Sehat.

“Teknologi ini menggunakan sistem modular sehingga mudah dipasang dan lebih cepat penyelesaiannya dibandingkan konstruksi rumah konvensional.

Biayanya juga terjangkau, mudah dipindahkan karena knock down, tahan gempa dan dapat dimodifikasi menjadi bangunan kantor, puskesmas, rumah sakit, sekolah, dan lainnya,” kata Sutopo kepada Aceh24.com

Sebagai contoh awal dua unit rumah Risha telah diaplikasikan sebagai Balai Dusun Akar-Akar Utara dan Sekolah Adat Bayan, Desa Karang Bajo di Lombok Utara yang kondisinya masih utuh meski mengalami guncangan gempa pekan lalu.

Sementara itu, Pemerintah pusat melalui BNPB menyerahkan bantuan uang berupa tabungan BRI untuk 1.191 penerima. Total bantuan tahaf pertama senilai Rp 59.55 miliyar.

Sementara itu, hingga saat ini sebanyak 31.925 rumah rusak berat, 3.135 rumah rusak sedang dan 36.680 rumah rusak ringan, 183 masjid dan musholla rusak serta 6 pura rusak.

Rincian penerima bantuan stimulasi tahap pertama adalah 125 untuk penduduk Lombok Utara, 20 untuk Lombok Tengah, 6 untuk Lombok Barat, 1.020 Lombok Timur, 20 Kota Mataram. Secara simbolis diberikan oleh Danrem 162 Wirabhakti, Kalaksa BPBD Kab.Lombok Utara, Wakil Ketua DPD RI, Kapolres Lombok Utara, Kalaksa BPBD Kab. Lombok Timur, Kalaksa BPBD Provinsi NTB kepada masyarakat terdampak di GOR Pamenang.  Aceh24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: