AcehBerita FotoNusantara

Puting Beliung Hayak 5 Rumah

Foto : Sebuah rumah diabadikan, Sabtu pagi (21/7/2018) di Buntul Peteri, Km 43 Kecamatan Permata, rata dengan tanah setelah diterbangkan sejauh 20 meter oleh angin puting beliung sampai ke tepi jalan Aceh24.com

BUNTUL-Sedikitnya lima unit rumah rusak di hayak (hantam-red)  angin puting beliung yang melanda sebagian wilayah Kecamatan Buntul, Kabupaten Bener Meriah.  Satu rumah setidaknya diterbangkan  20 meter  hingga ke tepi jalan KKA – Bener Meriah.

Pantauan Aceh24.com, Sabtu (21/7/2018) rumah yang paling parah hancur adalah milik ibu Jali atau di sapa ibu fadli di kawasan kamp Km 43 Buntul Peteri, kecamatan Permata.

Rumah Ibu Jalil, direpa angin puting beliung, di Kecamatan Permata, Bener Meriah

Tidak ada korban jiwa dalam musibah angin yang berlangsung pukul 08.30 WIB, Jum’at kemarin. Namun, rumah rusak parah itu harus ditata ulang.

Kenapa tidak ? Pasalnya posisi rumah sebelumnya berada di belakang rumah induk namun akibat angin harus berpindah ke depan sampai ke tepi jalan negara.  Terlebih lagi kawasan perbukitan penghasil kopi Arabica dan robusta itu, sangat rentan terhadap angin dan longsor.

Pohon pelindung angin sudah tak terlihat lagi. Nun sejauh mata memandang, hanya terlihat hamparan tanaman kopi dan rumah penduduk.

Hingga berita ini diturunkan, Sabtu  pagi ini sekira pukul 09.00 WIB terlihat tukang  sedang memperbaiki rumah ibu Jali. Sekedar mengingatkan, ibu Jali atawa ibu Fadli (nama anaknya panggilan warga setempat-red) selama ini menjual perlengkapan kebutuhan sehari-hari warga sekitar.

Selain rumah tersebut, sekitar 50 meter lagi ada juga rumah yang rusak bagian belakang. “Pak lihat itu, rumah saya juga rusak  di bagian belakang. Atap rumah sudah turun,” kata seorang ibu rumah tangga yang enggan disebutkan namanya.

Sedangkan cuaca pagi ini kawasan itu cukup cerah bila dibandingkan sehari sebelumnya. Warga setempat pun ada yang memanfaatkan panas matahari untuk menjemur kopi.

Seperti pemberitaan sebelumnya, kediaman M Isim  juga mengalami rusak diterpa angin kencang  sehingga  seng atap rumah berterbangan.

“Yang dekat beco berhenti juga ada rumah rusak. Kemudian beberapa meter lagi ada juga rumah yang sengnya berterbangan,” kata bang Him penjual ikan harian menggunakan sepeda motor pukul 21.22 WIB mala mini kepada Aceh24.com di kawasan Km 37.

Sementara itu, Kapolres Bener Meriah AKBP Fahmi Irwan Ramli, SH, S.iK melalui Kapolsek Permata menyebutkan akibat angin kencanag merusak rumah M Isim kerugian diperkirakan mencapai Rp 10 juta.

 

Foto : Sebuah rumah diabadikan, Sabtu pagi (21/7/2018) di Buntul Peteri, Km 43 Kecamatan Permata, rata dengan tanah setelah diterbangkan sejauh 20 meter oleh angin puting beliung sampai ke tepi jalan Aceh24.com

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: