Puluhan Poe Meurah Masuk Kawasan Gunung Salak

0
12
loading...
Foto : Petugas memanfaatkan gajah terdidik dan Rita yang dipasang GPS sedang menggiring gajah liar ke habitatnya setelah merusak lahan warga kawasan Gampong Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara, beberapa waktu lalu. BKSDA

NISAM ANTARA-Puluhan gajah masuk kawasan hutan  Gunung Salak, Gampong Alu Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara dalam tiga hari terakhir ini. Kehadiran rombongan gajah tersebut, pasca pengusiran di Gampong Cot Girek,

“Sekarang gajah sudah berada di perbatasan antara sungai Krueng Pase, Simpang Kramat, lalu Kuta Makmur dengan hutan yang ada di Alu Dua, Nisam Antara,” kata Azhar warga Km 36 lintasan jalan KKA- Bener Meriah, kepada Aceh24,com, Rabu siang.

Gajah tersebut, merusak beberapa lahan warga yang berada di dalam atau sekira 2 km arah timur jalan KKA.  “Tadi saya lihat ada 32 gajah. Termasuk anaknya kembali melintas di jalur itu,” ungkap Azhar.

Menurut amatan dia, beberapa lahan warga di pedalaman tersebut, sudah rusak diobrak abrik pemilik gading panjang itu. “Iya, seperti punya si black (panggilan akrap pemilik-red) dan milik tgk Has,” ujar bapak tiga putra putri ini yang menetap berkebun di Km 37.

Sementara itu, petugas BKSDA Aceh yang berkantor di Lhokseumawe, Nurdin mengakui bila gajah yang berada di kawasan Cot Girek beberapa waktu lalu telah melintasi kawasan hutan gunung salak.

Dia menyebutkan, rombongan gajah tersebut kembali memanfaatkan lintasannya.  “Kita punya gajah penggiring  yang ikut kelompok gajah-gajah itu. Namanya Rita usia sekitar 17 tahun yang telah di sematkan GPS. Jadi kita tau pergerakan gajah-gajah,” ungkap Nurdin selaku Pengoilah Data KSDA Aceh Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe, Rabu siang.

Lebih lanjut dikatakan, dengan ikutnya gajah bernama Rita tadi bersama salah satu kelompok gajah, maka diketahui pula antara kelompok gajah yang satu dengan lainnya saling bertemu.

“Rata-rata satu kelompok ada delapan ekor. Sehingga kita bisa mengetahui kalau gajah kelompok di Cot Girek, kadangkala bersama dengan gajah kelompok di Alu Dua, Nisam Antara,” pungkasnya.

Seperti pemberitaan sebelumnya,  Sekitar 30 ekor gajah liar mengamuk. Akibatnya belasan rumah dan lahan masyarakat di dua dusun dalam wilayah Gampong Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, rusak.

Camat Cot Girek, Maksum yang dihubungi membenarkan adanya amukan gajah di wilayahnya.

Sementara itu, Geuchik Cot Girek, Wagimin, Rabu sore (12/6) mengakui ada belasan rumah yang di rusak hewan pemilik gading itu.  “Kawasan itu merupakan jalan lintas gajah. Saat peristiwa itu ada sekitar 30 ekor,” kata Geuchik.

Menurut Wagimin dari dua dusun yang terparah amukan poe meurah itu adalah lahan warga di Abah Buloh. Sedangkan Dusun Lubuk Tilam hanya sedikit.  “Kita disini ada 18 dusun. Lahan sawit, karet, pinang dan coklat juga dirusak gajah,” katanya.

 

Foto : Petugas memanfaatkan gajah terdidik dan Rita yang dipasang GPS sedang menggiring gajah liar ke habitatnya setelah merusak lahan warga kawasan Gampong Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara, beberapa waktu lalu. BKSDA

 

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.