28.4 C
Aceh
1 Desember 2020
Aceh24
Aceh

Persatuan Wartawan Aceh Gelar Pelatihan Jurnalistik

Puluhan mahasiswa/i Unimal,IAIN Lhokseumawe, LPD dan Politeknik Lhokseumawe mengikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan DPP PWA, Sabtu (26/10) di Wisma Kuta Karang Lama.

LHOKSEUMAWE-Puluhan mahasiswa/I dari perguruan tinggi negeri di Lhokseumawe dan Aceh Utara, mengikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan DPP Persatuan Wartawan Aceh (PWA). Dengan mengambil tema Menulis Membangun Negeri berlangsung di Wisma Kuta Karang Lama, Sabtu (26/10).

Pelatihan dibuka langsung Pembina DPP PWA Idris Bendung sekaligus memberikan materi tentang etika wartawan meliput berita.

Menurut wartawan Harian Rakyat Aceh (Jawa Pos Grup) ini, intinya kedepankan etika saat mewawancara sumber  dan objek lain maka bakal memberikan dampak positif bagi keterbukaan informasi.

Bahkan, pemberitaan harus sejalan bersama etika. Sehingga tidak terjadi saling merugikan atau memperburuk nama baik sumber. “Dengan demikian, wartawan tidak akan berhadapan dengan hukum. Selain itu, etika peliputan saat berada di lapangan juga mencegah sang pemburu berita dari amukan warga,” katanya.

Pelatihan sesi pertama juga dibarengi dengan tanya jawab dari 35 orang peserta yang terlihat tetap bersemangat kendati listrik pada hari itu padam.   

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Aceh Utara yang diwakili Kabag Humas, Andre Prayuda. Saat memberikan sambutan,  bupati dihadapan mahasiswa Unima, IAIN Lhokseumawe, LPD dan  Politeknik Lhokseumawe, sangat mendukung even ini.

Dan, berharap melalui pelatihan jurnalistik ini mampu memberikan kritikan positif bagi pemerintah setempat. Sekaligus sebagai informasi akurat dan bukan hoax yang bakal berhadapan dengan undang-undang IT.

Sesudah bupati memberikan sambutan dan harapan, pelatihan dilanjutkan oleh Ketua Umum PWA, Maimun dan Rahmad Yd fotografer LKBN Antara.

Tentunya, materi dalam pelatihan ini menyangkut etika peliputan, penulisan berita yang baik dan teknik pengambilan foto .

Pelatihan dijadwalkan berlangsung selama tiga hari dari 26/27/28 Oktober 2019, kata Ketua Harian DPP PWA Armia didampingi Waldi panitia pelaksana.  Aceh24.com

Foto : Peserta pelatihan jurnalistik yang digelar DPP Persatuan Wartawan Aceh, di Wisma Kuta Karang Lama, Lancang Garam, Lhokseumawe, Sabtu (26/10).

Related posts

Hujan Es dan Angin Puting Beliung Terpa Tangse Pidie

Redaksi Aceh24

Bawa Sabu 60 Kg Pakai Boat Ikan di Aceh Utara

Redaksi Aceh24

Antrian Panjang Buat KTP Gratis di GOR Unima Lhokseumawe

Redaksi Aceh24