AcehBerita FotoNusantara

Pengungsi Rohingya Terlelap di SKB Bireuen

KOTA JUANG-Hanya selang 2,5 jam saja setiba di Gedug Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Bireuen, ternyata  terasa nyaman bagi pengungsi Rohingya yang terdampar di Kuala Raja.

Kok bisa ? Buktinya suara hiruk pikuk masyarakat  sekitar yang ingin melihat 79 jiwa etnis Rohingya terdampar,  tak  digubris oleh sebagian dari mereka.  Lelah, obatnya tidur. Bisa jadi ini obat terbaik bagi kesehatan.

Pantauan Aceh24.com, malam pertama mereka tiba sebagian perempuan langsung tertidur pulas  walau beralas tikar dan plastic. Syukurnya, ada bantal yang sempat dibawa oleh masyarakat sekitar yang menjenguk.

Jam baru menunjukkan pukul 20. 15 WIB. Perempuan ini  tak bergeming menikmati tidur. Sesekali terdengar suara mendengkur.  Bisa jadi ini timbul adanya rasa aman dan tentram  yang terpatri  dalam benaknya.  Negeri kelahiran telah jauh ditinggalkan.  Tak ada lagi pengejaran  dan suara dar, der, dor.  Ya, kini sampai ke negeri  dimana rakyatnya sangat menghormati tamu dan suka silaturrahmi.

Sementara itu, khadijah di sisi selatan sedang mendapat perawatan dengan jarum infus karena menderita dehidrasi . Situasi seperti itu pun tak mengusik lelapnya pengungsi yang satu ini tidur.

“Bangunkan dan suruh saja masuk ruangan,” kata seorang petugas medis.

“Biarkan saja dulu. Lelap sekali tidurnya. Nanti kita bangunkan dan suruh pindah,” Jawab petugas medis yang sedang memberi perban seusai menginfus khadijah.

Berhari-hari di laut terombang ambing dengan hati was-was dan makanan yang terbatas, sangatlah berat. Terlebih lagi bagi seorang kaum hawa  yang berada di  boat bertonase 10 GT. Syukurnya, tidak ada korban jiwa saat 79 pengungsi Etnis Rohingya, kabur dari negeri Myanmar.  Semua selamat kata M Khadafi menjawab Aceh24.com, Jum’at malam lalu.

Hingga kini bantuan untuk mereka berdatangan dari berbagai kalangan. Baik itu langsung dari Pemerintah Aceh,  masyarakat Bireuen, partai politik maupun pesantren.

 

Foto : Tertidur lelap walau beralal plastic pengungsi Rohingya di SKB Cot Gapu Bireuen, Jum’at sekira pukul 20.15 WIB pasca di evakuasi dari Pantai Kula Raja. Aceh24.com

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: