Pengungsi Rohingya Penanganannya Dialihkan Ke Pemko Lhokseumawe

0
196

Wakil Wali Kota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad meninjau pengungsi Rohingya di bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe di Puentuet, Kecamatan Blang Mangat, Sabtu (27/6)

LHOKSEUMAWE-Penempatan sekitar 100 pengungsi Rohingya dialihkan ke Pemerintah Kota Lhokseumawe. Kepastian itu setelah berlangsung koordinasi antar Forkopimda, Sabtu kemarin (27/6).

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib yang dikonfirmasi Aceh24.com membenarkan pengalihan penanganan pengungsi Rohingya kepada Pemerintah Kota Lhokseumawe, setelah gelar rapat dengan Danrem 011 Lilawangsa, Kol inf Sumirating Baskoro

Hanya saja, lokasi penempatan  masih simpang siur diperoleh. Apakah memanfaatkan Rasunawa di Ujong Blang atau pasar Induk di Ujong Blang, lintasan Los Kala, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Lhokseumawe, Yusuf Muhammad menjawab Aceh24.com saat meninjau kondisi pengungsi Rohingya di bekas Kantor Imigrasi, Blang Mangat menyebutkan perpindahan dan penetapan lokasi lagi dilakukan koordinasi dengan semua pihak.

“Iya, ini kan tamu kita. Jadi soal penempatan masih dilakukan koordinasi,” kata Yusuf Muhammad, Sabtu petang.

Seperti pemberitaan sebelumnya, ada 99 pengungsi etnis Rohingya mengalami karam kapal yang mereka gunakan di  4 mil dari perairan pantai Seunedon, Kabupaten Aceh Utara. Kondisi sangat mengenaskan itu, terlihat oleh nelayan. Dan langsung melakukan evakuasi ke boat mereka.

Setelah tim terkait melakukan koordinasi, boat nelayan yang berisikan pengungsi Rohingya ditarik ke pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Rabu lalu.

Dengan niat tulus dan peduli kemanusiaan, sejumlah nelayan dan warga Lancok, Kamis sekitar pukul 16.00 WIB menarik paksa KM 2017. 811  yang ditumpangi 99 orang itu ke tepi pantai.

Setelah istrahat dan makan minum, pengungsi Rohingya dibawa ke tempat penampungan sementara di bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe yang ada di Puenteut, sekitar pukul 20.15 WIB. Aceh24.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.