AcehBerita FotoNusantara

Pengungsi Gempa NTB 387.067 Jiwa. Meninggal 392 Orang

Foto : Belum merata penyaluran bantuan kepada korban gempa, mengakibatkan anak-anak gempa NTB berdiri di jalan mengharapkan belas kasih pelintas di kawasan Desa Batuyang. Istimewa/geuchik Trieng Pantang

# Gempa Susulan 576 Kali

LHOKSEUMAWE- Pengungsi pasca gempa 7 SR guncang Nusa Tenggara Barat (NTB) terus bertambah. Derasnya masyarakat terpaksa mengungsi selain ribuan rumah hancur juga takut akan gempa susulan yang sudah terjadi 576 kali,  Minggu (12/8) waktu setempat.

Demikian informasi diperoleh yang dikeluarkan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas, Sutupo Purwo Nugroho.

Dirincikan, sebaran korban meninggal dunia akibat gempa adalah di Kabupaten Lombok Utara ada 339 orang, Lombok Barat 30 orang, Kota Mataram 9 orang, Lombok Timur 10 orang, Lombok Tengah 2 orang dan Kota Lombok 2 orang. “Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan roboh saat gempa,” ungkap Sutopo.

Sedangkan korban luka-luka tercatat 1.353 orang, dimana 783 orang luka berat dan 570 orang luka ringan. Korban luka-luka paling banyak terdapat di Lombok Utara sebanyak 640 orang. Sementara itu pengungsi sebanyak 387.067 orang yang tersebar di ribuan titik pengungsian.

Sentral pengungsi terbanyak berada di di Kabupaten Lombok yaitu 198.846 orang, Disusul Lombok Barat 91.372 orang, Kota Mataram 20.343 orang, dan Lombok Timur 76.506 orang. Pengungsi sangat membutuhkan air bersih, tenda,terpal,sembako,mck portable dan genset.

Lebih lanjut disebutkan, kerusakan fisik meliputi 67.875 unit rumah rusak, 606 sekolah rusak, 6 jembatan rusak, 3 rumah sakit rusak, 10 puskesmas rusak, 15 masjid rusak, 50 unit mushola rusak, dan 20 unit perkantoran rusak.

Pendataan dan verifikasi masih dilakukan petugas. Pendataan dan verifikasi rumah di prioritaskan agar terdata jumlah kerusakan rumah dengan nama pemilik dan alamat untuk selanjutnya di-SK-kan Bupati/Walikota dan diserahkan ke BNPB untuk selanjutnya korban menerima bantuan stimulus perbaikan rumah.

Hingga saat ini gempa susulan masih sering terjadi. Sudah 576 gempa susulan hingga 12/8/2018 pukul 15.00 WITA  :”Diperkirakan gempa susulan ini masih akan terjadi hingga 4 minggu ke depan,” papar Sutupo. Aceh24.com.

 

Foto : Belum merata penyaluran bantuan korban gempa, mengakibatkan anak korban gempa NTB berdiri di pinggir jalan mengharapkan belas kasih di kawasan Desa Batuyang. istimewa/geuchik Trieng Pantang

Foto : BNPB Pusat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: