AcehBerita FotoNusantara

Pemuda dan Tokoh Desa Ikut Seminar Gawean Relawan Jokowi

Relawan Jokowi bersama peserta seminar di Banda Aceh. Ist

LHOKSEUMAWE-Sedikitnya 80 peserta yang terdiri dari mahasiswa, pemuda, tokoh desa mengikuti seminar sosialisasi program pemerintah pusat. Seminar gawean Tim 1 Relawan Jokowi Wilayah Aceh berlangsung di Hotel Lading, Banda Aceh, Sabtu (28/7/2018). Demikian disampaikan Gumarni SH, M.Si Ketua Tim 1 Relawan Joko Widodo (Rejowil) Aceh kepada Aceh24.com.

“ Seminar menguraikan Program Dana Desa yang dijalankan oleh Jokowi telah membuat 6.464 desa di Aceh yang dulu kumuh dan kurang bersih karna kekurangan dana dari Pemerintah Daerah.,” katanya

Tetapi, lanjut Gumarni setelah PP No.8 tahun 2016 tentang Pelaksanaan Teknis Pelaturan Pemerintah-Peraturan Menteri Desa (Permendes)  tahun 2017 tentang penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa No.19 tahun 2018, kini telah dapat terlihat nyata desa di Aceh.

“ Yang dulunya kumuh, kotor, bahkan berlumpur saat hujan sekarang sudah teraspal dengan rabat beuton,” ujar Gumarni.

Dijelaskan, selanjutnya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sekarang telah hidup dan berkembang usaha desa dalam rangka menciptakan kesejahteraan ekonomi rakyat.

Dimana dalam program Dana Desa juga telah terserap tenaga kerja lokal putra/putri Aceh, ribuan orang yang terdiri dari Pendamping Desa di Aceh mencapai 1.726 orang, Pendamping Pemberdayaan 691 orang. Pendamping Infrastruktur 286 orang dan Tenaga Ahli Pemberdayaan sebanyak 130 orang

“Total 2.836 orang yang tersebar  di 23 kab/kota,  289 kecamatan atau 6.464 desa seluruh Aceh,” paparnya dalam relis yang diterima Aceh24.com.

 

.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: