AcehBerita Foto

PDP Gelar Musyawarah Antar Desa

Foto : Peserta Musyawarah Antar Desa 1 (MAD) dan Program Inovasi Desa (PID) yang berlangsung di Kantor Camat Nisam Antara, Alue Dua. Senin (23/10). Aceh24.com

PDP Gelar Musyawarah Antar Desa

ALUE DUA-Puluhan peserta mengikuti Musyawarah Antar Desa (MAD), Program Inovasi Desa (PID) di Kantor Camat Nisam Antara, Senin (23/10).

Musyawarah yang dibuka Camat Irsyad, S.sos, didampingi Mukim Batee Pila, M Daud, dalam sambutannya, teruslah berkarya untuk membangun negeri. “Dan komit menjalankan program kementerian untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Hadir dalam musyawarah itu, enam geuchik di Nisam Antara, belasan perwakilan perempuan dan tokoh masyarakat.

Sementara itu, Hendrayani selaku Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) kepada Aceh24.com menyebutkan musyawarah ini mengutamakan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong efektivitas penggunaan atau investasi dana di desa.

“Kita mencari ide awal para tokoh  masyarakat,nara sumber sehingga  menghasilkan pembangunan berkualitas yang langsung bermanfaat bagi masyarakat,” kata Hendra yang ikut serta Zulfitri selaku Pendamping Desa Teknik Terpadu (PDTI) Kecamatan Nisam Antara.

Pupuk Kandang

Dalam kesempatan itu, Geuchik Alue Papuen, Tgk Rizwan GH dalam sesi tanya jawab mengatakan dalam upaya meningkatkan pendapatan gampong dapatkah dana desa dipergunakan untuk mengolah  kotoran ayam menjadi pupuk.

Mengingat dalam sepekan kotoran ayam potong di gampong Alue Papuen bisa mencapai 25 ton.

“Bila kita dapat mengolah kotoran ayam ini menjadi pupuk dengan memanfaatkan dana gampong, bakal berambah pendapatan desa. Dan, lapangan kerja juga terbuka buat masyarakat Alue Papuen,” kata Tgk Rizwan panjang lebar.

Menyikapi harapan itu, sejumlah sumber yang mengikuti musyawarah desa sangat berpendapat dan mendukung usulan tersebut. Tentunya dapat dikelola melalui BUM gampong.

Geuchik Seumirah,  Hasanuddin menjawab peserta musyawarah berkaitan pembangunan rumah dhuafa. Geuchik menyebutkan pembangunan rumah tersebut, sudah sesuai Perbup Aceh Utara.

“Penentuan siapa yang akan mendapat rumah bantuan dari dana gampong, semua melalui musyawarah. Tidak ada seenaknya geuchik menentukan pilihan.  Ya, setahun harus ada dua rumah di gampong yang dibantu,” papar Hasanuddin. Aceh24.com

 

Foto : Peserta Musyawarah Antar Desa 1 (MAD) dan Program Inovasi Desa (PID) yang berlangsung di Kantor Camat Nisam Antara, Alue Dua. Senin (23/10). Aceh24.com

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: