Panen Jagung Petani Binaan PT PIM

0
28

# 8 ton per Hektar

Foto : Seorang anak melintas di lokasi panen jagung hebrida petani binaan PT PIM di Dusun V Urong Bugeng, Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis (21/3) Aceh24.com

 KRUENG GEUKUEH-Seluas 2,5 hektar dari 11 hektar luas lahan jagung hebrida binaan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Dusun V Urong Bugeng, Desa Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, panen perdana, Kamis (21/3).

Memanfaatkan lahan tidur serta mendukung ketahanan pangan perusahaan logo ‘Gajah Putih’  ini melalui Coorporate Social Responsibility (CSR) Program Tani Sejahtera (PTS)  dan Kelompok Berkat Tani mampu produksi 8 ton per hektar.

Panen jagung hibrida petani binaan PT PIM

“Panen perdana jagung adalah bentuk keberhasilan petani dan program CSR PT PIM dalam melaksanakan usaha pertanian, sehingga diharapkan dapat mendorong dan memotivasi petani agar terus meningkatkan kualitas usaha taninya,” kata General Manager Umum Yuanda Wattimena mewakili direksi.

Didampingi Manager Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dan CSR, Zulhadi lebih lanjut disebutkan  Kampung Jagung Dusun Urong Bugeng pada tahun 2018 menjadi Pilot Project PTS PT PIM yang diarahkan menjadi sentra penghasil jagung di Kecamatan Dewantara – Kabupaten Aceh Utara, mengingat struktur tanah di daerah ini sangat cocok untuk ditanam tanaman jagung.

“Saat ini jumlah anggota kelompok tani tersebut sudah  25 orang yang rata-rata sebelumnya berprofesi sebagai petani padi dan peternak sapi,” ungkap Yuanda sembari menyebutkan menciptakan hubungan yang harmonis dengan pemangku kepentingan dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan kemandirian masyarakat secara keberlanjutan.

Lahan Semak Belukar

Sementara itu, Tgk Jamaluddin selaku pembimbing kelompok tani dan juga tokoh masyarakat setempat dalam sambutannya mengatakan atas kepedulian PT PIM membuat lahan yang selama ini semak belukar telah berubah jadi lahan jagung merupakan anugerah dari Allah.

Dimana lahan yang terlantar telah dapat menghasilkan penambahan ekonomi masyarakat Gampong Tambon Tunong umumnya dan warga petani Dusun V Urong Bugeng. Aceh24.com

Foto : Dua warga melintas di lokasi panen jagung hebrida petani binaan PT PIM di Dusun V Urong Bugeng, Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis (21/3) Aceh24.com

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.