Nyamuk Demam Berdarah Hamok 21 Warga Lhokseumawe

Nyamuk Demam Berdarah-int

# Pencegahan 3 M Plus

LHOKSEUMAWE-Nyamuk Demam Berdarah dalam sebulan terakhir hamok  (serang-red) warga Lhokseumawe. Akibatnya korban yang terisap darahnya terpaksa harus mendapat perawatan di sejumlah rumah sakit.

Kabid Pencegahan Pemberantasa Penyakit  (P2P) Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr Helizar menyebutkan hingga bulan Februari 2019, ada 21 orang korban , menjawab Aceh24.com, Jum’at (15/2/2019).

Sementara itu, korban DBD sepanjang tahun 2018 lalu tercatat 95 orang menjadi korban.  Seorang dilaporkan meninggal.

Sekedar mengigatkan, penderita disebabkan oleh dua jenis nyamuk demam berdarah betina, yaitu Aedes aegypti sebagai vektor utama dan Aedes albopictus sebagai vektor sekunder.

Jenis nyamuk demam berdarah ini memiliki sifat anthropofilik,artinya mereka lebih memilih untuk menghisap darah manusia.

Pasien yang terindap DBD tentu saja saja sangat membutuhkan darah dalam proses pengobatan. Alhasil, sejumlah rumah sakit di Lhokseumawe dan RSU Cut Mutia, Aceh Utara terjadi peningkatan kebutuhan darah.

Kenapa tidak ? Sehari sebelumnya Kepala UPTD PMI Aceh Utara, dr Ivo Febriani menyebutkan saat ini stok darah kurang. Hal ini akibat peningkatan kebutuhan darah bagi pasien nyamuk demam berdarah dan tifus.

“Permintaan darah selama ini  meningkat dari rumah sakit. Sehari sampai 30 hingga 40 kantong. Sedangkan RSU membutuhkan 60 kantong darah. Permintaan darah yang paling banyak dari rumah sakit biasanya darah A dan darah O,” kata Ivo ketika berlangsung donor darah anggota TNI jajaran Korem 011 Lilawangsa, Polri Lhokseumawe, Kamis (14/2).

 

Pencegahan

Nah, lalu upaya apa yang sangat sederhana untuk melakukan pencegahan tidak  terkena gigitan nyamuk demam berdarah. Gunakan baju lengan panjang, celana panjang, kaus kaki, dan sepatu di waktu-waktu aktif persebaran nyamuk demam berdarah.

  1. Gunakan lotion anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk.
  2. Gunakan kelambu pada tempat tidur atau kereta bayi agar Anda dan keluarga terlindungi dari gigitan nyamuk saat tidur.
  3. Lakukan 3M plus, yaitu menutup, menguras, mengubur, dan mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah. Aceh24.com

 

Facebook Comments
CATEGORIES
TAGS
Share This