AcehBerita FotoNusantara

Menyedihkan Kondisi Etnis Rohingya Terdampar di Bireuen

#Galeri Foto

BIREUEN-Setelah hampir 22 hari mengauri lautan sejak dari Myanmar, Thailand dan laut Selat Malaka, akhirnya 79 jiwa pengungsi etnis Rohingya, tiba di pantai Desa Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh, Jum’at sekira pukul 14.15 WIB.

Alhamdulilah, sejak dari negeri mereka, semua selamat. Tak ada yang meninggal dalam perjalanan.

 

“Semua hidup. Tidak ada yang wafat,” kata M Khadafi salah seorang pengungsi yang sedikit terbata-bata mengetahui bahasa melayu-Indonesia menjawab Aceh24.com di lokasi penampungan sementara Gedung SKB, Cot Gapu, Bireuen.

Pantauan Aceh24.com hingga pukul 21.10 WIB malam ini, sejumlah warga Bireuen, silih berganti berdatangan ke lokasi penampungan. Bahkan, sejumlah tim media terus memantau kesehatan mereka.  Termasuk masih ada yang harus di infus.

 

Foto kondisi etnis Rohingya di SKB Cot Gapu, Bireuen, Aceh, Jum’at malam (20/4). Aceh24.com

Berbagai komentar warga yang datang melihat kondisi miris pengungsi terdampar ini. “Sayang sekali. Bagaiman kalau kita sendiri merasakan di laut terombang ambing tampa makanan,” celoteh seorang ibu asal Geulanggang Teungoh, dengan suara terbata-bata.

wanita rohingya,lemas

Sementara di komplek SKB ada tiga ruangan besar untuk menempatkan pengungsi  ini. Lalu, sebelah timur di tempati oleh laki-laki . Dan, sebelah selatan di tempati kaum  perempuan.

Beberapa orang lagi berada di ruang terbuka sedang mendapat perawatan karena tangan patah, kena paku dan ada yang sakit perut.

Tentu saja kita berharap mereka dapat cepat sembuh dan terhibur saat kaum muslim lainnya datang menjenguk.

Kembali mengingatkan, mereka terdiri dari anak-anak 8 orang, pria 46 dan perempuan 25. 5 diantaranya sakit dan selebihnya wajah terlihat letih.

Hanya saja kepada Pemerintah Daerah Bireuen, dapat menyediakan kipas angin untuk ruangan mereka. Karena cukup panas. Sehingga dapat mengurangi  stres mereka. Semoga.

 

Foto kondisi etnis Rohingya di SKB Cot Gapu, Bireuen, Aceh, Jum’at malam (20/4). Aceh24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: