AcehBerita FotoNusantara

Mandi Kembang Prajurit AL Naik Pangkat

Prajurit Lanal Lhokseumawe, mandi kembang dalam prosesi kenaikan pangkat setingkat yang dilakukan oleh Danlanal Kol (P) M Sjamsul Rizal, Kamis (5/4) di Mako Lhokseumawe. Istimewa

Mandi Kembang Prosesi Naik Pangkat Prajurit Lanal

LHOKSEUMAWE- Mandi kembang bukan lah judul sebuah lagu. Tetapi, tradisi bagi prajurit TNI Angkatan Laut saat naik pangkat. Nah, oleh karena itulah Kolonel Laut (P) M Sjamsul Rizal memimpin langsung upacara kenaikan pangkat  satu tingkat kepada sembilan prajurit di Mako Lanal Lhokseumawe, Kamis (5/4).

Upacara kenaikan pangkat diikuti oleh seluruh perwira dan prajurit Lanal Lhokseumawe.

Lalu, golongan apa saja prajurit naik pangkat setingkat itu? Yakni Serka ke Serma  sebanyak 1 orang, Sertu ke Serka 1orang, Serda ke Sertu 1 orang, dari Kopda ke Koptu 5 orang dan dari Kik ke Kopda 1orang.

Proses penyematan kenaikan pangkat bagi prajurit Lanal, sedikit lebih unik dibandingkan PNS maupun jajaran militer lainnya di Indonesia. Kenapa tidak ? Mandi kembang di dalam pelaksanaan prosesi kenaikan pangkat merupakan tradisi.

Prosesi mandi kembang ini, diawali oleh Dan Lanal Lhokseumawe, kemudian diikuti oleh perwira Lanal Lhokseumawe dan juga istri anggota TNI AL yang naik pangkat.

Dalam amanatnya, Danlanal Lhokseumawe Kol. Laut (P) M.Sjamsul Rizal, yang diterima Aceh24.com, Kamis sore mengatakan, kenaikan pangkat merupakan suatu kehormatan bagi prajurit dan patut di syukuri.

“Karena kenaikan pangkat itu diberikan kepada setiap prajurit TNI AL yang telah mampu menunjukan prestasi, dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang tinggi sesuai dengan tugas yang di embankan negara kepadanya,” kata danlanal.

Lebih tegas lagi disampaikan kenaikan pangkat tersebut bukan merupakan suatu hadiah, melainkan suatu kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara. Aceh24.com

 

Foto : Prajurit Lanal Lhokseumawe, mandi kembang dalam prosesi kenaikan pangkat setingkat yang dilakukan oleh Danlanal Kol (P) M Sjamsul Rizal, Kamis (5/4) di Mako Lhokseumawe. Istimewa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: