28.4 C
Aceh
1 Desember 2020
Aceh24
Uncategorized

Mahasiswi Indonesia Juara 1 di India

Mahasiswi Indonesia Juara 1 di India

Kiriman Cut Yasmin Anbar Lazuardi

Dua pekan yang lalu Aligarh Muslim University (AMU) mengadakan perlombaan khusus mahasiswi yang diselenggarakan oleh ZARF 18 yang di organisir oleh Zakir Husain College of Engineering and Technology, A.M.U yang diadakan pada tanggal 2 April 2018 di Bibi Fatimah Hall.

Acara ini dinobatkan sebagai salah satu acara kebudayaan terbesar yang digelar di Uttar Pradesh, salah satu negara bagian di India. Ada bermacam-macam lomba menarik seperti Solo Dance, Group Dance, Singing, Fine ART, Indoor Sport, Film dan Photography (Digital), Debating, Literature, Quizing, Dll.

Mahasiswa Indonesia Ikut serta dalam perlombaan tersebut di bidang Group Dance dan Fashion Show. Hanya Indonesialah satu – satunya negara asing yang ikut berpartisipasi. Saya sendiri merupakan bagian dalam Group Dance dan Fashion Show.

Tim  yang terdiri dari 9 orang, 2 diantaranya putri asal Aceh, yang pertama Cut DindaGestri Febrina dari Kota Lhokseumawe alumniUniversitas  Al-Muslim, Matang Geulumpang Dua Kabupaten Bireun dan saya sendiri Cut Yasmin Anbar Lazuardi berasal dari Kabupaten Simeulue

Dikarenakan padatnya jadwal perkuliahan serta ujian, kami hanya memiliki waktu dua hari untuk berlatih. Peserta perlombaan yang semuanya adalah orang India menampilkan tarian khas India baik yang Tradisional maupun Modern.

Kami memilih menciptakan gerakan tarian dari Lagu Nirmala yang merupakan lagu dari seorang  penyanyi wanita asal negeri Jiran, Malaysia, Siti Nurhaliza. Butuh seharian untuk kami memastikan setiap gerakan, sempat putus asa karena waktu yang sempit namun lagu yang bergenre Melayu dengan musik yang energik dan menyenangkan membuat kami semakin semangat menari.

Walaupun lagu yang kami pilih bukan dari Indonesia namun gerakan dalam tarian adalah kombinasi gerakan tari Melayu kreasi, tari Bali dan Saman dari Aceh.Kami mengkombinasikan Tarian Nirmala dengan Kostum Tarian Saman Aceh.

Peserta perlombaan yang lebih dari pada 400  berbagai macam bidang perlombaan. Syukur Indonesia meraih Juara 1 di bidang Group DanceCompetition  dan Juara 2 di bidang Fashion Show.

Berkat kerja keras, kekompakan group dan doa kami mampu menampilkan yang terbaik, memperkenalkan budaya Indonesia di India. Penampilan yang sangat memukau penonton dan mendapatkan banyak sekali apresiasi baik dari penonton, dewan juri dan para dosen.

Sebagai penutup dan ucapan terima kasih dari mahasiswa Indonesia atas kesempatan dan kemenangan yang diberikan kepada kami, salah seorang senior kami, Cut Anggi Dwi Geubrina asal kota Lhokseumawe yang segera menyelesaikan S2 program studi English Language Teaching di AMU.

Sedikit kata motivasi yang membangkitkan semangat kami dan meraih tepuk tangan yang meriah.“Bring your culture wherever you are, because your culture is your identity”(Bawalah budayamu kemanapun kamu berada karena budayamu adalah identitasmu) dan semoga budaya Indonesia terutama Aceh semakin dikenal d imata dunia.

 

Cut Yasmin Anbar Lazuardi

BA Linguistics

Aligarh Muslim University

 

 

Related posts

EU’s Proposed Digital Tax Doesn’t Apply to Fintech Activities: Expert Take

Aceh24

Brazilian Government Plans to Process Petitions and Write Laws on Ethereum

Aceh24

UK Group Partners With Blockchain Platform For Medical Records For Pilot Program

Aceh24