Langsa, Aceh Utara dan Meulaboh ‘Dikepung’ Banjir

0
97
Anggota TNI berusaha mengevakuasi dampak banjir kawasan Kota Langsa, Sabtu (12/11) ist

LHOKSEUMAWE-Intensitas hujan yang cukup tinggi sepanjang, Selasa dinihari  (12/11)  menyebabkan ribuan rumah terendam. Banjir menerpa kawasan Kota Langsa,  dilaporkan jumlah warga yang tinggal di bantaran DAS pun mengungsi.  Sementara itu, dari Aceh Utara dan Meulaboh, Aceh Barat, peristiwa serupa juga terjadi.

Informasi diterima Aceh24.com, Selasa siang, banjir menerpa Kecamatan Langsa Lama dan Kecamatan Langsa Kota. Sebagian besar wilayah DAS Gampong Jawa.

Ketinggian air bervariasi antara 1 meter sampai 1,5 meter. Memperhatikan debit air sungai yg masih terus meningkat, diperkirakan warga terdampak masih akan  terus bertambah. Banyak warga yang telah dievakuasi terutama wanita dan anak-anak,”

*Upaya yg dilakukan*

Saat ini BPBDLangsa,  sedang mendirikan tenda untuk menampung para pengungsi.

Tim BPBD bekerja sama dengan TNI/POLRI serta instansi/lembaga terkait dan masyarakat melakukan evakuasi korban banjir dengan menggunakan rubber boat.

Hanya saja, saat ini BPBD Kota Langsa tidak memiliki persediaan logistik termasuk obat-obatan, tulis Pusdalop Langsa.

Sementara itu, dari Kabupaten Aceh Utara, banjir melanda Kecamatan Matang Kuli dan kawasan Meunasah Krueng,  Pirak Timu. Air sungai masih deras mengalir dari pengunungan. Banjir juga akibat hujan deras dan dampak dari gundulnya hutan.

Dari Aceh Barat, Meulaboh,  S Pohan, Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana , yang dihubungi Aceh24.com juga membenarkan banjir landa sebagian kawasan bumi Tengku Umar.

“Ya, Desa Cot Rubek, Kecamatan Woyla Barat. Air lagi naik,” katanya.

Hal yang sama juga berlangsung di Desa Napai. Ini akibat hujan cukup deras semalaman. BPBD Aceh Barat bersama instansi terakit terus memantau perkembangan. Aceh24.com

Foto : Banjir landa kawasan Kota Langsa. Ratusan warga terpaksa dievakuasi. Jumlah terdampak masih dalam pendataan terus oleh BPBD setempat. ist

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.