Kesehatan Anak Terserang DBD di RSU Cut Mutia Membaik

0
41
F: Kondisi kesehatan anak-anak korban nyamuk demam berdarah semakin membaik setelah mendapat perawatan di RSU Cut Mutia, Aceh Utara, Rabu (30/1/2019)

LHOKSEUMAWE-Korban gigitan nyamuk demam berdarah atau dengue sudah mulai membaik setelah mendapat perawatan di RSU Cut Mutia, Aceh Utara.

Dua korban ibu-ibu sudah bisa pulang, Selasa malam. Sementara dua anak-anak masih berada di rumah sakit. Kendati demikian, kondisi berangsur membaik.

Korban DBD yang masih dirawat saat ini, kata Kepala Tata Usaha, RSU Cut Muita, Saiful, S.Sos adalah Hafizul Ikram (6,5) warga Desa Keude Lapang, Kecamatan Lapang, Aceh Utara. Dia mulai mendapat perawatan sejak, Minggu (27/1/2019).

Seorang lagi adalah anak perempuan bernama Suci Andari (11). Suci beralamat di Desa Blang Peria, Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

“Alhamdulilah kedua anak sudah ada perobahan,” kata Saiful menjawab Aceh24.com, Rabu siang.

“Dua ibu-ibu yang sempat dirawat sudah pulang, Selasa malam karena kondisi kesehatan membaik,” tambah Saiful.

Sekedara mengingatkan, ciri-ciri nyamuk demam berdarah  yang harus diwaspadai  adalah jenis nyamuk demam berdarah ini memiliki sifat anthropofilik, artinya mereka lebih memilih untuk menghisap darah manusia. Selain itu juga bersifat multiple feeding, artinya untuk memenuhi kebutuhan darah sampai kenyang biasanya nyamuk ini bisa menghisap darah beberapa kali.

Sifat multiple feeding inilah yang dapat meningkatkan risiko penularan demam berdarah di wilayah perumahan yang penduduknya lebih padat. Sebab, satu nyamuk yang infektif dalam satu periode waktu menggigit akan mampu menularkan virus kepada lebih dari satu orang.

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.