Kemarau 100 Hektar Lahan Sawah Gagal Panen di Aceh Utara

Foto : Saluran air andalan petani Cot Girek, Aceh Utara, kering, Jum’at . Akibat kemarau panjang 100 hektar lahan sawah gagal panen. ist

LHOKSEUMAWE-Kemarau panjang  sawah kering akibatnya petani di Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara gagal panen. Sudah kemarau ditambah lagi serangan hama wereng.

Demikian disampaikan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 21 Cot Girek, Kodim 0103 Aceh Utara, Kopda Rony Wijaya, Jum’at sore (15/3/2019).

Kepastian gagal panen terungkap setelah Babinsa tersebut bersama petani melakukan pengecekan lahan sawah. Dan, terbukti dari 150 hektar lahan yang ada, sebanyak 100 hektar gagal panen.

“Perkembangan tanaman padi yang dilanda kemarau di Desa Ceumpedak, Cot Girek, justru terdampak kena hama werang. Ya, ada 100 hektar sawah gagal panen,” kata Kopda Rony.

Lebih lanjut disebutkan, lahan sawah di Desa Ceumpedak  merupakan sawah tadah hujan. Para petani secara swadaya harus mencari solusi guna mengatasi kekeringan dengan cara memompa air dari sumur yang sengaja dibuat di pinggir sawah.

 

“Disekitar sawah tidak ada saluran irigasi yang mewadai. Semoga dengan usaha ini para petani bisa tetap panen dan tidak,” paparnya.

 

Sementara itu,  Amran secara terpisah saat berbincang menambahkan kebanyakan para petani menanam karena kesulitan air  dan hanya beberapa sawah saja yang ditanami. Ini pun banyak yang gagal panen akibat kemarau dan serangan hama werang serta tikus. Aceh24.com

 

 

Foto : Saluran air andalan petani Cot Girek, Aceh Utara, kering, Jum’at . Akibat kemarau panjang 100 hektar lahan sawah gagal panen. ist

Facebook Comments
CATEGORIES
TAGS
Share This