AcehBerita FotoNusantara

Kapal Bawa Pengungsi Rohingya-22 Hari Terkatung di Laut

Foto : Inilah kapal yang mengangkut 76 etnis rohingya yang sandar di bagian Selatan Pantai Kuala Raja, Bireuen. Aceh24.com

BIREUEN, Sebanyak 76 jiwa etnis rohingya yang terdampar di pantai  Gampong Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Bireuen, sudah dievakuasi oleh pemerintah setempat ke SKB Cot Gapu Bireuen.

Dari jumlah itu, anak-anak 8 orang, pria 43 dan perempuan 25.  Sedangkan yang sakit disebutkan 7 orang terdiri dari 5 orang mengalami dehidrasi berat plus sesak dan 2 orang masih ditangani tim kesehatan Bireuen. Demikian laporan Pusdalops-PB-BPBD Bireuen yang diterima Aceh24.com, menjelang magrib.

Menurut seorang warga yang ikut membeli makanan buat  pengungsi etnis Rohingya kepada Aceh24.com di lokasi mengatakan, manusia perahu julukan mereka itu, sempat terkatung-katung selama 22 hari. Namun, sebelum tiba di pantai Kuala Raja, mereka sudah dari Thailand.

“Kapal yang ditumpangi terkatung di tengah laut karena habis minyak. Syukur ada nelayan kita yang jumpa dan memberikan minyak. Kapal mereka pun jalan lagi. Mendekati pantai Kuala Raja,” kata Yusri Abd.

Lebih lanjut disebutkan, sebelum dievakuai ke SKB Cot Gapu, mereka makan dulu di pantai bersam Wakil Bupati Bireuen H Muzakkar.

“Karena cukup ramai dan mendadak, yang beli makanan terbagi bagi. Saya juga membeli roti buat mereka. Pokoknya, kalau lihat kondisi mereka ya sangat sayanglah,” tambah bapak ini sambil melayani warga menikmati kupi di bawah pohon cemara yang menghiasi pantai Kuala Raja.

Pantauan Aceh24.com, lokasi tempat mendarat etnis Rohingya banyak dikunjungi masyarakat Kota Bireuen, sejak pukul 15.00 WIB tadi.

Seperti pemberitaan sebelumnya sedikitnya 80  (76 jiwa-red)  jiwa warga etnis Rohingya terdampar di pantai Kuala Raja, Kabupaten Bireuen, Jum’at (20/4) sekira pukul 13.20 WIB.

Wakil Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH,M.Si bersama Muspika dan perangkat gampong Kuala Raja, terus memberikan pelayanan terbaik kepada mereka.

Hingga kini 76 orang etnis ronghiya terus mendapat pemantauan dari tim kesehatan Kabupaten Bireuen.

Foto : Inilah kapal yang mengangkut 76 etnis rohingya yang sandar di bagian Selatan Pantai Kuala Raja, Bireuen. Aceh24.com

Foto : Suasana warga melihat lokasi mendarat kapal membawa etnis rohingya di Kuala Raja, Bireuen. Aceh24.com

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: