AcehBerita FotoNusantara

Jengkol Mahal di Aceh, Harga Pinang Anjlok

Foto : Petani pinang Alue Dua, Nisam Antara, Aceh Utara, mengupas kulit pinang kering. Saat ini harga sekilo pinang basah Rp 7 ribu dan yang kering Rp 10 ribu. Jum’at (29/6/2018). Aceh24.com

NISAM ANTARA-Harga buah pinang pasca lebaran Idul Fitri 1439 H kian terpuruk. Kenapa tidak ? Pinang  basah yang baru dibelah hanya laku dijual Rp 7 ribu sekilo.

Sedangkan buah pinang kering di jual kisaran Rp 10 ribu sekilo. Ini dilaporkan naik Rp 500/kg dari harga menjelang lebaran yang hanya dipatok pembeli Rp 9.500/kg.

Demikian diperoleh Aceh24.com dari Maira yang sedang membelah pinang milik keluarganya saat ditemui di Alue Dua, Kemukiman Lhok Drien, Kecamatan Nisam Antara, Jum’at (29/6/2018).

Ditempat terpisah Syarifuddin (45)  menyebutkan justru harga buah jengkol kian mahal dengan mengalahkan pinang sebagai komoditi andalan petani setempat.. Buah jengkol disebutkan mencapai Rp 15.000 sekilo.

” Kalau buah pinang ada yang dijual Rp 6.500 sekilo. Sedangkan buah jengkol saat ini lebih mahal. Biasanya  dibeli oleh toke langsung yang melihat tanaman kita. Kalau harga di pokok mereka beli sekilo Rp 12.000,” tambah Syarifuddin dan dibenarkan pak Daud petani setempat.

Melihat masa depan tanaman jengkol penuh menjanjikan, menurut Syarifuddin warga Gampong Blang Pohroh, Kemukiman Batee Pila, telah setahun lebih dia bersama keluarga menanan pohon jengkol.

“Saya ada tanam lebih setengah hektar pohon jengkol sejak setahun lalu. Ya, karena harga jengkol terus naik. Saat ini saja sudah dijual di pasaran sampai Rp 15 ribu sekilo,” ungkapnya.

Saat ditanya usia berapa pohon jengkol mulai berbuah ?  Syarifuddin mengatakan rata – rata usia tanaman dikawasan pedalaman ini  6 sampai 7 tahun sudah berbuah.

“Bila kondisi baik, satu pohon dapat menghasilkan buah jengkol sekali panen di atas tanamam usia 8 tahun bisa mencapai 300 kilo,” pungkas Syarifuddin. Aceh24.com

 

Foto : Petani pinang Alue Dua, Nisam Antara, Aceh Utara, mengupas kulit pinang kering. Saat ini harga sekilo pinang basah Rp 7 ribu dan yang kering Rp 10 ribu. Jum’at (29/6/2018). Aceh24.com

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: