AcehBerita FotoNusantara

Jalan Rusak Rugi Rp 125 Miliar Akibat Banjir Aceh Utara

Salah satu jalan rusak dan berlumpur akibat banjir menghantam 23 kecamatan di Aceh Utara. kerugian sarana transfortasi ini disebut mencapai Rp 125 miliar. ist

Jalan Rusak Rugi Rp 125 Miliar Akibat Banjir Aceh Utara

LHOKSUKON-Banjir di Kabupaten Aceh Utara, 23 kecamatan mengalami kerusakan sarana transportasi jalan dan jembatan.  Tentu saja,  tidak terlepas  menyebabkan 35 ribu jiwa terpaksa mengungsi dan ratusan hektar sawah petani terendam.

Untuk jalan yang rusak saja,  mencapai 125 km  dari jumlah ruas jalan Kabupaten Aceh Utara mencapai 2.500 km.

“Ya, banjir merusak jalan sampai 125 km di Aceh Utara,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Edi Anwar, ST, MT,  Rabu siang (6/12) saat dihubungi Aceh24.com.

“Jalan –jalan yang rusak itu, kita prediksi kerugian Rp 125 miliar,” katanya.

Menurut  Edi Anwar, selain merusak jalan, banjir pun menghancurkan dan mematahkan jembatan serta tanggul. “Ada empat jembatan patah dan beberapa unit jembatan lainnya,” ungkap dia seraya menyebutkan jembatan  Teupin Reusip, Alue Ie Mudek, jembatan Beurang Rata, Kecamatan Pirak Timu, jembatan Gantung Krueng Keureoto.

“Perbaikan jembatan ini saja membutuhkan biaya mencapai Rp 15 miliar,” ujar Edi lagi.

Lebih lanjut disebutkan, kerusakan lain adalah tanggul Krueng Pase yang jebol ada di empat desa yaitu Meunasah Mancang, Kecamatan Samudera, dan Tanjong Mesjid.  Lalu, Desa Tanjong Awe dan Tanjong Aro, di Kecamatan Syamtalira Aron.

“Tanggul-tanggul ini saja membutuhkan 30 miliar rupiah,” papar Edi Anwar –yang saat dihubungi Rakyat Aceh masih berada di lokasi bencana.

Sekedar mengingatkan, dengan demikian, kerusakan banjir menghantam sarana transportasi dan tanggul saja di Aceh Utara mencapai Rp 170 miliar.

 

Foto : jembatan dan jalan pun menjadi lumpur di Aceh Utara, Istimewa

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: