Jalan Amblas Buka Tutup di Lokasi Gunung Salak

0
Jalan aspal amblas di kawasan Gunung Salak, Aceh Utara, terpaksa buka tutup pada puncak libur Idul Fitri 1440 H, Minggu (9/6). Aceh24.com

LHOKSEUMAWE- Ruas jalan lokasi wisata Gunung Salak di Alu Dua, Kecamatan Nisam Antara Kabupaten Aceh Utara, persisinya di Km 33 amblas. Pengguna jalan lokasi wisata tujuan Bener Meriah dan Takengon, terpaksa buka tutup.  Ini berlangsung sejak H+2 hingga Minggu (9/6) puncak liburan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Amblas aspal sepanjang 5 meter membuat macet dan sangat berbahaya. Untungnya, pemuda setempat melakukan pengambilan alih jalan dengan mengatur kenderaan buka tutup. Bila tidak dilakukan alternative ini, tentu saja kemacetan bakal panjang hingga melewati  kawasan Gunung Salak.

aspal amblas di kawasan Gunung Salak, Aceh Utara, tujuan Bener Meriah dan Takengon, Minggu (9/6). Aceh24.com

Antrian terlihat panjang. Baik itu roda dua, empat maupun kenderaan bertubuh besar. Pemilik kenderaan harus ekstra hati-hati. Terlebih lagi, tujuan Lhokseumawe. Pasalnya, jalan aspal amblas pas di pendakian. Bila kenderaan tidak sehat untuk lebih waspada.  Kenapa  tidak ? Bisa-bisa kenderaan tak mampu naik tanjakan.

Amatan Aceh24.com,  setidaknya ada dua ruas jalan yang harus di atur kelancaran kenderaan di kawasan pengunungan berhawa sejuk itu. Ya, pemuda setempat melakukan inisiatif kelancaran dengan memberikan 10 sampai 15 kenderaan sekali lewat (buka tutup) .

Tentu saja mereka pun mendapat imbalas seiklasnya dari setiap pengemudi yang melintas. Tak ada patokan berapa. Mau kasih dan tidak pun ngak ada masaalah. Kotak karton yang diarahkan oleh pemuda setempat pun terlihat cukup memadai isinya. Ada uang Rp 2.000 bahkan sampai Rp 10.000.

Dominan yang memberikan uang adalah kenderaan roda empat pribadi. Sementara pemilik sepmor hanya sebagian kecil saja yang  memberi. “Syukur ada pemuda setempat yang mau mengatur jalan ini. Kalau tidak macet panjang,” kata Rahmat warga Bireuen yang membawa keluarganya saat memberikan uang ala setelah aman melintasi jalan tersebut.

Lebih lanjut dikatakan, bila tidak sangat berbahaya bagi kenderaan yang hendak mendaki Gunung Salak. Bila rem tak bagus maka akan terjadi kecelakaan.

“Kita ikhlas memberika. Bila tidak ada mereka justru lebih parah lagi kemacetan  dan dapat menimbulkan resiko jiwa bagi pengguna jalan,” ujar Aman Lukman yang hendak menuju Lhokseumawe membawa keluarganya menikmati Water Boom dan Pantai Ujong Blang.

Sementara itu, kepadatan juga terlihat di kawasan Krueng Tuan maupun lokasi cefe yang ada di Gunung Salak. Ratusan kenderaan roda dua dan empat parkir di sisi kiri kanan jalan. Ini tidak terlepas dari puncak liburan hari raya.

Semoga dengan penuh waspada dan hati-hati melintas di jalan kawasan Gunung Salak, akan memberikan kenyamanan sambil menikmati udara sejuk. Aceh24.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.