AcehBerita FotoNusantara

Inovasi Desa Aceh Utara Butuh Icon

Foto : Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib membuka sosialisasi Inovasi Gampong yang diikuti oleh 316 peserta di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe, Kamis (18/10). Aceh24.com

LHOKSEUMAWE- Sebanyak 316 peserta dari 852 gampong di Aceh Utara, mengikuti sosialisasi Inovasi desa dan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTP) di Hotel Lido Graha, Kamis (18/10).

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib membuka secara resmi sekaligus memberikan sambutan dan harapan kepada peserta yang terdiri dari Pengurus Inovasi Desa (PID) dan  Pendamping Teknis (PD).

Dalam sambutannya bupati menginginkan Kabupaten Aceh Utara memiliki icon yang bisa menjadi nilai tambah bagi  daerah yang pernah dijuluki kota petro dolar. “Jangan lagi terulang, habis gas maka hanya tinggal kebodohan. Mari kita wujudkan icon yang inovasi untuk kemakmuran masyarakat,” kata H Muhammad Thaib.

Lebih lanjut dikatakan, selaku pribadi, bupati merasa malu. Kenapa ? Disebutkan, bila mengkaji ulang kehadiran tamu dari daerah lain ke Aceh Utara,  tak tau harus memberikan apa atau kebanggaan hasil masyarakat Aceh Utara sekarang.

“Dan, kita juga berharap dalam waktu dekat ini akan terwujud kewajiban dana desa memberikan bantuan kepada anak yatim dan miskin untuk mengikuti pendidikan di dayah atau pesantren,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Aceh Utara,  Drs Mawardi dalam laporan mengatakan inti sosialisasi Inovasi Desa adalah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di gampong-gampong melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas.

“Strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia dan pelayanan social mendasar,” kata Mawardi.

Pantauan Aceh24.com,  kegiatan inovasi yang dijadwalkan berangsung 18-19 Oktober 2018 cukup mendapat perhatian serius dari peserta.

Tentunya bila melihat mengalir cukup deras dana desa ke Aceh Utara, untuk kemakmuran masyarakat – tidak saja berfokus pada pembuatan jalan semata. Tetapi, sesuai tujuan utama dana tersebut untuk mengurangi angka kemiskinan, pantaslah bila dalam sosialisasi inovasi kali ini, bakal lahir program yang dapat meningkatkan pendapatan asli gampong (PAG). Aceh 24.com

 

Foto : Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib membuka sosialisasi Inovasi Gampong yang diikuti oleh 316 peserta di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe, Kamis (18/10). Aceh24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: