AcehBerita FotoNusantara

Hutan TNGL Terus Dirambah

ist

# 223 Ha Lahan Rusak

KUTACANE – Kerusakan hutan  Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Aceh Tenggara semakin tidak terbendung. Demikian kata seorang pengamat lingkungan Yashud, Selasa (25/9).

Menurutnya, berdalih alih fungsi lahan dan perambahan terus-menerus terjadi.  bahkan hingga kini sepetember 2018 kerusakan hutan didaerah ini mencapai 223 Hektar, tersebar dibeberapa kecamatan didaearah tersebut.

“Pembukaan jalan menjadi pemicu utama kerusakan hutan dimulai, terhitung periode Januari sampai Juni 2018 adanya peningkatan kasus perambahan dan illegal logging di dalam KEL,” ungkap Yashud.

Dari 223 hektar yang dirusak akibat illegal loging terjadilah 147 kasus dan perambahan 177 kasus. “Dengan volume kerusakan hutan 385 meter kubit per hari,” katanya.

Sementara Kabid TNGL Wilayah Aceh Tenggara, Karyadi membenarkan kerusakan TNGL di wilayah itu. Penyebab tentu saja pembukaan lahan dan pembalakan liar oleh masyarakat setempat.

” Penebangan kayu di TNGL untuk kebutuhan Panglong dalam memenuhi keperluan pembuatan rumah warga,” ujar Karyadi. Aceh24.com

 

Foto : Kawasan TNGL yang terus dirambah. Disebutkan sehari volume kerusakan hutan mencapai 385 meter kubit. ist

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: