Hujan Es dan Angin Puting Beliung Terpa Tangse Pidie

0
Foto : Hujan es dan angin puting beliung terpa Kampung Guinie, Tangse, Pidie,, Selasa sore (5/3/2019). ist

LHOKSEUMAWE- Hujan deras bercampur butiran es landa Gampong Geunie, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Aceh, Selasa sore (5/3/2019) sekira pukul 15.30 WIB.

Tak saja hujan es turun tetapi angin puting beliung juga sempat memporak poranda rumah warga setempat. Paling tidak ada enam unit rumah rusak.

Geuchik Geunie,  Mustafa yang dikontak ulang Aceh24.com, Selasa malam membenarkan terjadinya hujan es di kampung mereka. “Benar, tadi sore hujan es,” katanya.

atap seng tempat mengambil wuduk di meunasah roboh diterpa angin puting beliung, Tangse, Pidie.

Selanjutnya, angin puting beliung menghamburkan atap rumah warga. Bahkan, ada bangunan rumah dari papan rata dengan tanah.

“Sekitar enam rumah warga saya  yang rusak kena angin puting beliung. Termasuk seng tempat ambil wuduk di meunasah rubuh,” tambah Mustafa.

Hingga berita ini diturunkan, masyarakat  setempat memberikan bantuan kepada korban dengan membenahi puing yang rusak.

Sekedar mengingatkan, hujan es terjadi berdasarkan ilmu meteorologi disebut juga hail, adalah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. . Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku. Karena terjadi pengembunan mendadak maka terbentuklah es.Aceh24.com

 

Foto : Salah satu rumah dan atap tempat ambil wuduk di meunasah diterpa angin putting beliung. Dan, butiran hujan es. Istimewa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.