AcehBerita FotoNusantara

Hari Ini Hari Batik Nasional—Motif Pinto Aceh

Foto : Baju batik motif Pintu Aceh dan Bunga Seulangan yang dipakai PNS atau ASN Kabupaten Aceh Utara, sejak H Muhammad Thaib sebagai bupati hingga sekarang. Baju batik ini dipakai setiap Kamis. Aceh24.com

Hari Ini Hari Batik Nasional

# Batik Motif Pinto Aceh

LHOKSEUMAWE- Setelah mendapatkan pengesahan dari UNESCO tahun 2009 lalu,  kalau batik merupakan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity), maka 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional. Penetapan ini dikuatkan dengan keputusan Presiden Nomor 33 tahun 2009.

Sekedar mengingatkan, Di manca negara, batik pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Suharto, saat mengikuti konferensi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Batik sempat hampir ditinggalkan oleh masyarakat, termasuk generasi muda. Hingga akhirnya, batik kebanggaan budaya milik ‘endatu’ kita hampir saja diklaim oleh negara tetangga Malaysia.

Tahun 2008, pemerintah mendaftarkan batik ke dalam jajaran daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO.

Di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Pantauan Aceh24.com, berbagai motif batik beredar saat ini.  Ada motif para tokoh perwayangan seperti Semar, Petruk dan batik motif kacang. Motif batik, disebut sebut punya makna tersendiri. Nah, tinggal pilih kalau mau.

Sementara itu, Di Aceh, amatan Aceh24.com, penggunaan baju batik masih sebatas adanya kegiatan resepsi perkawinan. Ini biasanya dipakai oleh pihak keluarga mempelai. Baik mempelai laki-laki maupun perempuan. Sedangkan motifnya antara lain motif pinto Aceh, bunga seulanga dan bungong Jeumpa.

Sedangkan kalangan jajaran pemerintahan khususnya Aceh Utara, menetapkan hari Kamis seluruh PNS yang tersebar di 27 kecamatan memakai baju batik motif Pinto Aceh dan bunga Seulanga. Aceh24

 

Foto : Baju batik motif Pintu Aceh dan Bunga Seulangan yang dipakai PNS atau ASN Kabupaten Aceh Utara, sejak H Muhammad Thaib sebagai bupati hingga sekarang. Baju batik ini dipakai setiap Kamis. Aceh24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: