AcehBerita FotoNusantara

Harga Udang Asin Pasca Lebaran Naik, Ikan Teri Kosong

Foto : Penjemuran udang asin di kawasan pantai teluk Pusong, Lhokseumawe, Kamis (27/6/2018). Hasil tangkapan menurun menyebabkan harga ikut naik menjadi Rp 50.000/kg. Aceh24.com

LHOKSEUMAWE-Menurunnya hasil penangkapan nelayan jenis udang pasca lebaran Idul Fitri 1439 H menyebabkan harga pun cenderung naik.  Sementara itu,tangkapan nelayan akan  ikan teri justru kosong. Kenaikan harga terutama udang asin olahan pengerajin terjadi di kawasan Pusong, Lhokseumawe, Kamis (28/6).

Menurut salah seorang pengerajin udang asin menjawab Aceh24.com, harga sekilo saat ini mencapai Rp 50 ribu. “Lagi kurang udang tangkapan di laut. Jadi ada kenaikan harga sekitar enam ribu rupiah sekilo,” kata Daud sapaannya.

Disela-sela membolak-balik udang asin yang sedang di jemur, dia tambahkan, kalau ikan teri justru tidak ada saat ini proses pengasinan. “Kalau ikan teri malah sama sekali sudah enggak ada sebelum lebaran,” ungkapnya.

Disinggung masa memasak udang sebelum di jemur, disebutkan tidaklah terlalu lama. Hanya kisaran 15 menit. “Kalau api bagus, sebentar saja.  Dan, bila panas seperti ini cuaca, sore nanti sudah bisa diangkat dan selesai,” papar Daud.

Ditengah berlangsungnya proses memasak dan penjemuran udang asin di kawasan teluk Pusong ini,  pantauan Aceh24.com, justru ada orderan yang datang dari seorang pembeli . Namun, minimnya stok terus berlangsung negosiasi.

Sementara itu, pengerajin ikan teri asin yang bisa terlihat menjemur seluas hamparan  di kawasan itu, malah menyusun berderet alat jemur ikan mereka. Tak ada satu pun aktivitas penjemuran. Dapur yang biasa memasak pun tak berasap.

“Sudah beberapa hari kami tidak kerja untuk jemur ikan teri asing. Lagi tidak ada ikannya,” kata kak  sur salah seorang pekerja harian  yang ditemani beberapa pekerja lainnya. Aceh24.com

 

Foto : Penjemuran udang asin di kawasan pantai teluk Pusong, Lhokseumawe, Kamis (27/6/2018). Hasil tangkapan menurun menyebabkan harga ikut naik menjadi Rp 50.000/kg. Aceh24.com

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: