Habitat Diusik Gajah Obrak Abrik Lahan Warga

0
24
Foto : Upaya pengusiran gajah liar kembali hutan dengan memanfaatkan gajah yang telah dijinakkan. Ist

LHOKSEUMAWE-Sekelompok gajah liar obrak abrik lahan warga akibat habitat pemilik belalai ini terancam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa di wilayah  Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Namun, kerugian lahan sawah dan kebun masyarakat rusak.

Kawanan gajah mengamuk terjadi Sabtu dan Minggu kemarin di Gampong Pulo Lhoih dan Keune, Kecamatan Geumpang.  Tak sampai disitu saja, Po Meurah pun bergerak keGampong Alue Calong dan Lhok Keutapang, Kecamatan Tangse.

Demikian informasi Aceh24.com terima dari Pusdalops PB BPBD Kabupaten Pidie, Senin (25/2/2019).

Kronologis amuk konvoi hewan memiliki gading itu habitatnya terganggu karena alih fungsi lahan. Berbagai macam aktivitas masyarakat di hutan yang membuat tertutupnya jalur gajah sehinggah gajah menyebar ke lahan-lahan  dan perdesaan.

Lebih lanjut disebutkan, untuk mengusir gajah dari kawasan lahan dan rumah penduduk dilakukan pemberian mercon atau petasan kepada kelompok  masyarakat peduli  komplik gajah.

Selain itu, masyarakat bersama-sama menjaga lahan usaha tani mereka terutama padi pada malam hari dari ganguan gajah. Hingga malam hari gajah diinformasikan masih berkeliaran dekat lahan-lahan penduduk. Aceh24.com

 

Foto : Upaya pengusiran gajah liar kembali  hutan dengan memanfaatkan gajah yang telah dijinakkan. Ist

 

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.