AcehBerita FotoNusantara

Gunakan Masker-Debu Sinabung di Lhokseumawe

 

Debu Sinabung di Lhokseumawe—Gunakan Masker

LHOKSEUMAWE- Masyarakat Lhokseumawe, malam ini, Senin (19/2) sekira pukul 22.00 WIB, dikejutkan dengan bau dan debu berterbangan dan turun ke bumi. Apa itu ? Ternyata aroma seperti bau bekas terbakar  tersebut, tentu saja dari debu erupsi Gunung Sinabung, di Karo, Sumatera Utara, yang terjadi tadi pagi sekira pukul 08.54 WIB>

Sejumlah warga pennguna sepeda motor, tiba-tiba harus menutup wajah. Terutama kaum perempuan yang membawa sepmor memanfaatkan jilbabnya menutup muka. Sedangkan yang parkir justru terkejut saat ingin meninggalkan warung kopi, melihat tenpat duduk sepmornya penuh debu.

“Wah, ini imbas meletus gunung Sinabung,” ujar Ramli warga KKampung Kramat kepada Aceh24.com.

Lebih terlihat parah lagi adalah saat debu menempel di mobil warga yang asik nongkrong di kedai kopi. Lukman warga Lancang Garam, terkejut melihat debu menempel di cap mobil dan kaca. “Banyak debu ini di mobil saya. Mungkin sudah sampai kemari debu Sinabung,” tambah bapak tiga anak ini.

 

Gunakan Masker

Menyingkapi sampainya debu erupsi Gunung Sinabung sampai Lhokseumawe, warga yang berada di kota pemerintahan membawahi 4 kecamatan itu, diminta menggunakan masker atau penutup mulut hingga hidung. Bahaya debu menimbulkan Ispa ujar salah seorang pegawai Dinas Kesehatan Lhokseumawe, yang dihubungi Aceh24.com, malam tadi.

Selain berpengaruh bagi paru-paru, juga rentan terhadap iritasi mata dan bagi kulit manusia yang sensitif, kata sumber yang enggan disebutkan namanya.

 

Foto : Debu menempel di kenderaan warga Lhokseumawe, malam tadi. Dan debu yang bertebaran di udara saat memanfaatkan senter. Aceh24.com

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: