21.7 C
Aceh
21 Januari 2021
Aceh24
Aceh Berita Foto Nusantara

Gubernur Harus Bangun Aliran ‘Hana Fee’

 

LHOKSEUMAWE-Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) mengingatkan Gubernur Irwandi Yusuf agar membangun aliran ‘Hana Fee’. Penegasan itu disampaikan Koordinator MaTA, Alfian terkait  dengan pelantikan pejabat eselon II yang baru-baru ini.

Bukankah selama ini gubernur menggadang-gadang Hana Fee, kata Alfian kepada Aceh24.com

Secara khusus MaTA  menginginkan Gubernur Aceh, membangun pakta Integritas dengan 56 pejabat yang dilantik. Tujuannya,  mencakup komitmen para aparatur pemerintah terhadap antikorupsi dan transparansi tata kelola pemerintahan yang akan di jalankan.

Kemudian, MaTA menyebutkandalam Pakta Integritas tersebut, juga memuat tentang pemberhentian dari jabatan ketika ada yang salah urus terkait kinerja atau pelanggaran dalam pengelolaan anggaran oleh pejabat pemerintah yang baru saja dilantik tersebut.

“Berdasarkan amatan Masyarakat Transparansi Aceh selama ini, birokrasi sulit di kendalikan oleh kepala daerah untuk memastikan tidak terjadi tindak pidana korupsi kecuali kepala daerah membangun sistem internal yang ketat,” ujar Alfian.

Selain membangun Pakta Integritas Gubernur juga perlu membentuk unit kerja mencegah tidak terjadinya gratifikasi. Untuk unit kerja ini, Gubernur bisa memberdayakan jajaran inspektorat.

Terlebih lagi, menurut MaTA, gratifikasi sudah sangat masif terjadi dan perlu perhatian serius. Pemerintah tidak akan stabil kalau birokrasi masih membudayakan “fee” dan ini juga sangat berpengaruh daya terhadap iklim investasi di Aceh. Relis/Aceh24.com

 

 

Related posts

Bupati LPJ TA 2016, 13 Kursi Dewan Kosong

Redaksi Aceh24

Surabaya Banjir dan Kalimantan Longsor

Redaksi Aceh24

Wow ! Aceh Utara Produk Sampah 260 Ton Sehari

Redaksi Aceh24