AcehBerita FotoNusantara

Geuchik di Aceh Utara Nikmati Uang Gampong ke Lombok

LHOKSUKON-Dana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat gampong serta peningkatan pembangunan di Aceh Utara, terkesan kian menjadi uang “ jajan”  buat jalan-jalan para geuchik atawa kepala desa.

Kenapa tidak ? Setelah  tahun 2017 lalu sebagian terbang ke Yogyakarta, kini giliran ke  Nusa Tenggara Barat, Lombok, Batam dan kawasan pulau jawa lainnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Aceh Utara, Mawardi yang dihubungi Aceh24.com, Minggu (15/7)  mengakui  kalau geuchik sudah ada yang berangkat ke Lombok. “Informasi yang kita terima ya sudah ada ke Lombok. Tetapi kita tidak mengeluarkan Surat Perintah Tugas (SPT),”kata Mawardi.

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib, secara terpisah dihubungi belum memberikan jawaban terkait dana gampong yang notabone buat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten termiskin di Provinsi Aceh ini, justru digunakan buat pergi ke Lombok dan Batam beralasan Bimtek.

Camat Lhoksukon, Saifuddin mengaku tidak ada pemberitahuan sebelumnya kalau geuchik di wilayah Lhoksukon bergerak ke Lombok. “Sepertinya ada 66 geuchik semua. Tetapi kita tidak ikut,” ujar camat kepada Aceh24.com .

Anehnya, pantauan Aceh24.com,   rata-rata geuchik di berbagai kecamatan memilih tujuan hanya ke wilayah kota terkenal dengan keindahan pantai Senggigi, Gunung Rinjani dan pantai Lomboknya adalah prakarsa sendiri gampong.

Selain itu, Batam pun menjadi pilihan. Kok Bisa ya ? Tentu saja, kota yang berdekatan dengan Singapore, Malaysia dan lanjutan ke Thailand  juga menjadi idola para wisatawan. Hanya saja kita berharap, geuchik sepulang dari “tour” bimtek dapat memberikan penjelasan kepada masyarakatnya tentang manfaat kepergian.

Tentu yang terpenting, kesejahteraan masyarakatnya bisa meningkat bersamaan dengan pembangunan gampong kian membaik.

Terlebih lagi, dana APBG yang ditransfer pusat tahun 2018 ini menurun hanya sekira Rp 550 miliaran bila dibandingkan tahun tahun 2017 lalu mencapai Rp 635 miliar. Aceh24.com.

 

 

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: