AcehBerita FotoNusantara

Gempa Guncang Lombok dan Bali

Dok : Efek gempa melanda dataran tinggi Gayo tahun 2013 lalu. Aceh24.com

# 3 Meninggal, Puluhan Rumah Rusak

LHOKSEUMAWE-Menjelang matahari terbit, atau pukul 05.47 WIB  gempa berkekuatan 6,4 skala Richter (SR) mengguncang Lombok, Sumbawa dan Bali. BMKG menyebutkan pusat gempa di darat pada jarak 47 km arah timur laut Kota Mataram, dengan kedalaman 24 Km.

Tiga orang dinyatakan meninggal dan puluhan rumah rusak akibat gempa di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hingga saat ini gempa susulan masih terjadi, kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam siaran pers.

Menurut Sutopo, di Bali para wisatawan dan masyarakat juga merasakan goyangan gempa.  “Banyak warga dan wisatawan yang segera keluar rumah.,” katanya.

Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi NTB, BPBD Bali dan BPBD kabupaten/kota terdampak gempa. Sementara itu, beberapa bangunan roboh di Kecamatan Sambelia dan Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, dan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.

 

Data sementara adalah 3 orang meninggal dunia akibat tertimpa bangunan. 12 orang luka dan puluhan rumah dan bangunan rusak. Pendataan masih dilakukan oleh BPBD. Di Kecamatan Sembalun terdata 1 orang meninggal dunia dan 7 orang luka. Di Kecamatan Sambelia terdapat 1 orang meninggal dunia, di Kecamatan Bayan Elen terdapat 1 orang meninggal dunia dan 5 orang luka berat.

BPBD bersama unsur lainnya dari TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI, Tagana, relawan dan lainnya masih melakukan penanganan darurat.

“Untuk sementara pendakian Gunung Rinjani ditutup karena ada indikasi longsor berupa debu disekitar gunung, pungkas Sutopo. Aceh24.com

 

Foto : Rumah rusak dampak gempa guncang Lombok berkekuatan 6,54 SR. BNPB

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: