FPI Aceh Kumpul Dana Dampak Tsunami Banten 40 386 Jiwa Mengungsi

0
34
Foto : Bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda, Banten digalang di Lhokseumawe. Aceh24.com

LHOKSEUMAWE-H+6  dampak tsunami landa Selat Sunda tercatat 40.386 jiwa mengungsi. Korban meninggal dilaporkan mencapai 426 orang.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Dr Sutopo Purwo Nugroho, M.Si yang diterima Aceh24.com, Jum’at petang (28/12).

Sementara jumlah yang luka-luka mencapai 7. 202 orang. Hilang 23 orang. Rumah rusak 1.296 unit, 434 perahu dan kapal rusak,69 kenderaaan roda empat dan 34 roda dua rusak.

Tak itu saja, sebanyak 78 penginapan dan warung ikut rusak diterjang tsunami yang terjadi, Sabtu pekan lalu.

Total korban meninggal dan kerusakan terjadi di lima kabupaten terpisah saat tsunami Selat Sunda terajdi akibat longsor Gunung Anak Krakatau.

“Total pantai terdampak tsunami mencapai 312,78 Km,” ungkap Sutopo.

Sedangkan estimasi terdampak tsunami sebanyak 351 ribu jiwa dengan rincian Banten sebanyak 209.628 jiwa. Dan, Provinsi Lampung 141.611 jiwa.

                                           Kumpul Dana

Ditempat terpisah, FPI Aceh yang berada di Lhokseumawe, menggelar solidaritas korban tsunami dengan mencari dana dari warga pengguna jalan.

Sejumlah perempuan bercadar mendekati pengendera roda dua dan empat saat berhenti di lampu merah kawasan jalan Merdeka atau persisnya sisi Taman Riyadah. Sesekali mereka menyebutkan bantuan untuk korban tsunami Banten.

Aksi peduli ini mendapat dukungan dari pengguna jalan. Hal ini terlihat dari banyaknya warga memberikan bantuan. Aceh24.com

Foto : Bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda, Banten digalang di Lhokseumawe. Aceh24.com

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.