AcehBerita FotoNusantaraOtomotif

Diguncang Gempa, Bandara Palu Ditutup Sementara

Foto : Rumah rusak akibat gempa Donggala, Jum’at petang (28/9). Seorang meninggal dan 10 luka. Ist BNPB

LHOKSEUMAWE- Pasca gempa bumi 7,7 SR guncang Sulawesi Tengah, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, memastikan Bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu, ditutup sementara.

Demikian relis diterima Aceh24.com, Jum’at malam sekira pukul 22.00 WIB.  “Gempa tersebut berdampak pada operasional penerbangan di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu,” kata Pelakasana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno.

“Saya prihatin dengan musibah yang melanda wilayah Sulawesi Tengah, Gorontalo dan sekitarnya, semoga tidak ada hal serius menimpa saudara-saudara kita di sana”, ungkap Pramintohadi.

Lebih lanjut Pramintohadi menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk mengecek fasilitas transportasi udara yang terdampak gempa, baik di Sulawesi Tengah, Gorontalo, maupun daerah sekitarnya.

“Saya telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran baik di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu, Gorontalo dan bandara-bandara sekitar untuk bergerak cepat mengecek seluruh fasilitas maupun kegiatan operasional penerbangan di sana dan semoga tidak ada kerusakan berat dan operasional penerbangan berjalan dengan normal”, lanjut Pramintohadi.

Menurut Praminto, dari Palu telah mendapatkan laporan bahwa Aerodrome Control Tower di Bandara SIS Al-Jufri retak dan rusak. Untuk sementara operasional di Bandara ini ditutup sejak sore ini sampai dengan 24 jam kedepan.

“Sesuai *Notam Nomor H0737/18* Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu ditutup dari 28 September 2018 pukul 19.26 WITA sampai dengan estimasi 29 September 2018 pukul 19.20 WITA karena terdampak gempa bumi.” jelas Pramintohadi.

Selain Bandara Palu, Pramintohadi juga telah menerima laporan dari Kepala Bandara lain di sekitarnya seperti Bandara Jalaluddin di Gorontalo, Bandara Lagaligo Bua di Palopo, Bandara Andi Jemma Masamba di Luwu Utara, Bandara Kasiguncu di Poso dan Bandara Tanjung Api Ampana Tojo Una-una.  Semuanya dalam keadaan aman.

“Fasilitas Bandara di beberapa bandara sekitar baik sisi udara maupun sisi darat dalam keadaan baik dan dapat beroperasi normal”, ungkap Pramintohadi melalui Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas, Direktorat jenderal Perhubungan Udara, Sindu Rahayu. Aceh24.com/rel

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: