Dana Ada Rp 750 Juta, Shelter Aceh Utara Kosong ODP

0
152
Shelter Blang Adoe, Aceh Utara, kini kosong ODP. Anggaran penanganan mencapai Rp 750 juta. Ist

LHOKSUKON-Shelter Blang Adoe di Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, kosong Orang Dalam Pemantauan (ODP). Hanya petugas saja yang ditempati buat berjaga-jaga bila tiba-tiba ada ODP. 

Kepala Dinas Sosial Aceh Utara, Zulkarnaen yang dikonfirmasi Aceh24.com, membenarkan shelter kini dalam posisi kosong penghuni. “ Saat ini kosong. Hanya petugas yang kita tempati 4 orang sebagai berjaga-jaga,” katanya, Kamis (28/5).

Kosongnya shelter, sebut Zulkarnaen sejak 14 Mei lalu. Sementara ODP yang ada telah selesai masa karantina dan lainnya memilih karantina mandiri di rumah masing-masing.

Disinggung soal anggaran penanganan ODP khusus di Shelter Blang Adoe, mendekati angka Rp 750 juta lebih dan kini penghuni terbukti kosong,  Zulkarnaen menyebutkan pihaknya hanya sebatas memberikan makan baik itu buat ODP maupun petugas di Shelter.

“Anggaran yang direncanakan untuk menangani ODP hingga 200 orang,” ungkap Zulkarnaen.

Sekedar meningatkan,  fasilitas di shelter Blang Adoe, untuk menampung ODP, Dinas Sosial menyiapkan perlengkapan seperti kasur jenis Palembang dan berupa keperluan kebutuhan hidup seperti makan. Hanya saja,  dana penggunaan penangganan ODP di Shalter masih terlihat tertutup operasionalnya baik yang dihabiskan untuk ODP maupun petugas jaga shalter.  

Seperti pemberitaan sebelumnya, shelter Blang Adoe, diawal-awal menampung 3 ODP yang baru pulang dari Sukabumi dan Jakarta, Selasa (7/4).

“Iya ada tiga orang yang pulang menjelang Selasa dinihari tadi. Pukul 10 pagi sudah berada di karantina Blang Adoe,” kata Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Aceh Utara, Andree Prayuda, S. STP, MAP saat dihubungi Rakyat Aceh.

“Mereka mendapat biaya hidup selama di rumah singgah. Wacana agar betah ODP akan kita persiapkan WIFI. Dan ini yang pertama berada di Shelter,,” tambah Andre.

Kemudian, bertambah seorang lagi yang baru pulang dari Mesir. Atas inisiatif sendiri, sebelum berkumpul dengan keluarga ia lebih memilih karantina di shalter Blang Adoe. (ung)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.