Daging Meugang Rp 170 ribu, Tulang Rp 100 Ribu Sekilo di Lhokseumawe

0
44
Foto : Harga daging meugang sambut puasa 1440 H mencapai Rp 170 ribu sekilo di kawasan Pasar Inpres, Lhokseumawe, Minggu (5/5). Sedangkan tulang berisi daging agak tebal dijual Rp 100 ribu sekilo. Aceh24.com

LHOKSEUMAWE- Harga daging meugang sambut puasa 1440 H di Lhokseumawe, bervariasi. Pedagang yang dijumpai di kawasan pasar Inpres menyebutkan harga daging sapi kampung RP 170 ribu sekilo. Harga daging sapi impor lebih murah Rp 10 ribu perkilo.

Sementara itu, harga tulang juga mengalami hal serupa.  Kenapa tidak, sebab pedagang juga menjual khusus tulang sapi dalam satu lapak memanfaatkan dua lokasi. Kalau tulang yang masih terlihat daging agak tebal dijual Rp 100 ribu sekilo.

“Kalau yang ditumpuk itu Rp 60 ribu sekilo. Dan, yang ini Rp 100 ribu,” kata seorang penjual daging sapi meugang menjawab Aceh24.com.

Perbedaan harga tulang sapi tidak terlepas dari ketebalan daging yang menempel. Juga tulang pun adalah tulang rusuk. Ditempat terpisah, daging sapi impor, Minggu pagi hanya Rp 160 ribu sekilo lebih murah dari daging sapi kampung. Stok daging di penjual pun terlihat masih banyak. Sepertinya, warga kurang berminat walaupun sedikit lebih murah.

Sementara itu, harga daging meugang sambut bulan Ramadhan kali ini, juga dijual di kampung-kampung oleh  warga setempat yang memotong.  Itu dilakukan sehari sebelum berlangsung meugang besar. Harganya lebih murah. Ya, Rp 150 ribu sekilo – walaupun itu daging sapi kampung, ungkap salah seorang Gampong Paloh Batee, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe.

Dari Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, harga daging meugang sejak, Sabtu sudah berjalan Rp 170 ribu sekilo. Tentunya daging sapi dimaksud adalah hewan peliharaan warga setempat. Amatan, Sabtu menjelang petang, penjual mie Aceh di simpang elak, KKA-Bener Meriah, panen besar.

Sebab, pembelian daging sapi tidak saja untuk dibawa pulang namun sebelumnya diolah dengan mie. Rata-rata mereka membeli daging sekedarnya dengan menyerahkan uang Rp 20 ribu. “Ini sudah biasa kalau hari meugang biasa buat mie pakai daging meugang. Dan, makan di warung kopi,” ujar Idris sambil melahap mie dengan keadaan masih berasap di piring.  Aceh24.com

 

Foto : Harga daging meugang sambut puasa 1440 H mencapai Rp 170 ribu sekilo di kawasan Pasar Inpres, Lhokseumawe, Minggu (5/5). Sedangkan tulang berisi daging agak tebal dijual Rp 100 ribu sekilo. Aceh24.com

 

 

loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.