AcehBerita FotoNusantara

Cegah Difteri, Istri dan Prajurit TNI Suntik Vaksin

Foto : Prajurit TNI jajaran Kodim 0103 Aceh Utara, antri untuk mendapat suntikan vaksin mencegah Difteri, Kamis (22/3). Istimewa.

Cegah Difteri, Istri dan Prajurit TNI Suntik Vaksin

LHOKSEUMAWE-Seratus lebih prajurit TNI dan PNS jajaran Kodim 0103 Aceh Utara, mendapat suntikan vaksin dalam upaya pencegahan difteri yang berlangsung di Aula Sapta Marga, Kamis (22/3).

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara, Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto melalui Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Cba Jumiin dalam siaran pers yang diterima Aceh24.com menyebutkan pemberian vaksin kepada prajurit dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe bekerjasama dengan Denkesyah IM 04.01 Lhokseumawe.

“Istri dan anak prajurit TNI  juga diberikan vaksin,” katanya.

Lebih lanjut  Mayor Jumiin menyebutkan kegiatan tidak saja pemberian vaksin tetapi juga penyuluhan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman konfrehensif kepada seluruh prajurit dan PNS TNI serta ibu-ibu persit keluarga besar Kodim 0103/Aceh Utara tentang bahayanya penyakit difteri.

Sebelum dilaksanakan pemberian vaksin Tim Kesehatan Kota Lhokseumawe, Kabid P2P,  dr.Helizar mengatakan bahayanya penyakit difteri karena dapat menimbulkan komplikasi berupa gangguan pernapasan yang bisa berakibat kematian.

“Sedangkan pemberian vaksin merupakan bagian dari upaya pencegahan resiko penyakit difteri. Hingga hari ini baru 35 persen masyarakat yang sudah disuntik Vaksin,” kata dr Helizar.

Lalu apa itu difteri ?  Menurut ibu dokter ini, adalah penyakit yang disebabkan oleh Bakteri Corynebacterium Diptheae yang dapat menyebar melalui kontak fisik atau pernapasan. Gejala awal diantaranya ,radang tenggorokan,hilang nafsu makan dan demam ringan 2-3 hari serta timbul selaput kebiru-biruan pada tenggorokan dan tonsil.

 

Foto : Prajurit TNI jajaran Kodim 0103 Aceh Utara, antri untuk mendapat suntikan vaksin mencegah Difteri, Kamis (22/3). Istimewa.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: