BMKG : Waspada Potensi Angin Puting Beliung di Aceh Utara

Hujan deras di Lhokseumawe. BMKG himbau waspada potensi puting beliung di aceh utara

LHOKSEUMAWE- Hujan deras mengguyur kawasan Lhokseumawe, Senin pagi (1/4). Hingga menjelang pukul 12.00 WIB, hujan masih turun. Dua jam hujan turun giliran ruas jalan Perdagangan banjir.

Sambut syukur datangnya hujan di awal bulan April ini, disampaikan beberapa warga yang berteduh di kawasan kedai kopi Harun Square. Kenapa tidak ? Udara panas menerpa Kota Lhokseumawe dalam sepekan ini. Suhu udara pun mencapai 35 derajat celcius.

“Alhamdulilah sudah turun hujan. Panas sekali udara di Lhokseumawe dalam beberapa hari ini,” kata Wahyu kepada Aceh24.com.

Senada disampaikan Ridwan warga Kampung Kramat.  Ini berkah menjelang pilpres 2019 agar aman dan tentram. “Semoga waktu pencoblosan pilpres nanti juga udara dingin seperti ini. Aman dan tentram,” pinta Ridwan.

Sementara itu, kawasan jalan Perdagangan Lhokseumawe, air sudah menutupi ruas jalan sepanjang 50 meter. Beberapa toko yang ada di sisi barat, sudah mulai ancang-ancang antisipasi air masuk. Parit tak mampu menampung. Terlebih lagi banyak sampah plastic dalam parit.

Beberapa kenderaan roda dua maupun empat lebih memilih menghindar jalan yang tergenang. Takut sepeda motor justru mogok. “Lebih baik putar jalan saja saya.  Dari apda mogok masuk air,” kata Amri pengguna sepmor jenis matic.

Kondisi seperti ini sebenarnya kerab  terjadi bila hujan turun.   Saluran tersumbat akibat limbah plastic dan lainnya. Hingga berita ini pukul 12.05 WIB, hujan masih turun.

Waspada Puting Beliung

Ditempat terpisah Kepala BMKG Lhokseumawe, Nasrul menyebutkan  beberapa pola gangguan atmosfir yang mempengaruhi cuaca di Aceh pada factor regional.

“Tekanan tinggi di teluk Benggala yang menyebabkan terdapat belokan angin Andaman yang menyebabkan belokan angin dari selatan yang seharusnya ke utara namun belok ke barat laut. Ini memicu potensi pertumbuhan awan hujan.  Prediksi untuk tiga hari ke depan,” ungkap Nasrul.

Lebih lanjut dikatakanSore hingga malam potensi hujan sedang disertai petir dan peluang puting beliung terjadi di Aceh Utara  bagian selatan, Kecamatan Nisam Antara, Sawang, Tanah Luas, Meurah Mulia, Langkahan dan Cot Girek. Aceh24.com

 

Foto : Hujan turun deras di Lhokseumawe.

Comments

comments

CATEGORIES
TAGS
Share This