AcehBerita FotoNusantara

Banjir Rob Landa Pemukiman Warga Hagu Selatan-Polisi Pasang Tenda

Banjir Rob Landa Pemukiman Warga Hagu Selatan

LHOKSEUMAWE-Menjelang waktu solat magrib, banjir rob atau air laut pasang memasuki rumah penduduk terjadi, Jum’at malam (1/12). Akibatnya puluhan rumah tergenang.

Pantauan Aceh24.com malam ini pukul 23.15 WIB sejumlah polisi dari jajaran Polres Lhokseumawe, RAPI, Tagana dan BPBD bersiaga.  Bahkan, kaum pria dewasa di kawasan itu pun siap siaga mengantisipasi penyelamatan harta benda agar tak tergenang air laut.

Dari lorong 5 Gampong Hagu Selatan, beberapa warga baru menikmati makan malam plus nasi bungkus di teras rumah bersama sanak keluarga pukul 23.05 WIB. Bahkan, di sisi bagian timur rumah itu, beberapa warga mengaku air masuk ke rumahnya sampai lulut.

Tidak itu saja, beberapa warga pun ada yang terlihat sudah membungkus barang berharga dan dinaikkan becak untuk mengungsi ke rumah krabat atau saudara mereka terdekat.

“Sudah lebih dari lima tahun saya tinggal di rumah ini. Tetapi, tidak pernah masuk air laut. Tetapi sekarang, air masuk,” kata seorang ibu yang enggan disebutkan identitasnya di lorong lima sambil memperketat kain sarung yang basah kuyup di pinggangnya.

Ditempat terpisah, Lukman mengungkap bila datang saat mau magrib tadi, air banyak yang menggenangi rumah. Dan, sekarang terlihat mulai surut. “Keadaan ini, biasanya sampai lima hari ke depan,” katanya.

Sementara itu, di sisi jalan Samudera dekat tower terlihat personil polisi berjibaku di rintik-rintik hujan mendirikan tenda besar atau sekitar ukuran 5 X 10 meter.  “Mungkin tengah malam nanti air naik lagi, warga bisa sementara berteduh di sini,” ungkap seorang personil polisi jajaran polres Lhokseumawe.

Seorang anggota RAPI Lhokseumawe, Rudi sambil memanfaatkan HT terus memantau kesiagaan rekannya dari tiap kawasan. baik itu, Gampong Ujong Blang sampai kawasan pertamina.

Saat Aceh24.com memantau di pinggiran Pantai Ujong Blang, sepanjang jalan aur sudah tergenang. Bebdrapa pemilik pondok rujak terlihat berjaga-jaga. Hanya saja harapan warga, banjir rob akibat air laut pasang tidak terjadi lebih parah lagi di Lhokseumawe.

Foto : Salah satu rumah di kawasan Lorong 5 Gampong Hagu Selatan, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, dimasuki air laut. Sejumlah warga ada yang sudah mengungsi. Untuk berjaga-jaga jajaran Polres telah memasang tenda darurat. Aceh24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
%d blogger menyukai ini: